Layanan Bimbingan Rohani Islam dalam Meningkatkan Ketenangan Jiwa pada Lansia Di Panti Wredha Siti Khadijah Kota Cirebon

Herman Beni(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lansia yang memiliki ketenangan jiwa yang rendah saat masuk ke panti. Apalagi lansia yang masuk ke panti dilatarbelakangi karena masalah keluarga, ada yang ditelantarkan oleh keluarganya, ataupun yang sengaja dititipkan oleh keluarganya. Oleh karena itu, diperlukannya layanan bimbingan rohani Islam bagi lansia di Panti Wredha Siti Khadijah ini. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu, untuk dapat mendeskripsikan kondisi ketenangan jiwa lansia di Panti Wredha Siti Khadijah, selain itu, untuk dapat menjelaskan pelaksanaan layanan bimbingan rohani Islam dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada lansia dan untuk dapat memahami efektifitas layanan bimbingan rohani Islam dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada lansia di Panti Wredha Siti Khadijah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pembimbing rohani Islam Panti Wredha Siti Khadijah dan tiga lansia yang mendapatkan layanan bimbingan rohani Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah kondisi ketenangan jiwa lansia rendah pada saat awal masuk ke panti, setelah diberikannya layanan bimbingan rohani Islam kondisi ketenangan jiwa lansia meningkat. Kemudian, metode, media, sarana, ataupun materi yang diberikan dalam layanan bimbingan rohani Islam disesuaikan dengan kondisi lansia sehingga memberikan pengaruh kepada kondisi ketenangan jiwa lansia. Selanjutnya, layanan yang diberikan kepada lansia sangat tepat dan sesuai. Keefektifan layanan ini bisa dilihat dari kesesuaian antara metode, media, sarana, dan materi yang digunakan dengan kondisi lansia yang semakin meningkat.


Keywords


Layanan Bimbingan; Bimbingan Rohani Islam; Ketenangan Jiwa.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Samsul. (2018). Pendidikan Agama Islam. Sleman: Deepublish.

Bungin, Burhan. (2012). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya Ed. II, Cet. III. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Darminta S. J. J. (2006). Praktis Bimbingan Rohani. Yogyakarta: Kanisius.

Gunawan, Imam. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar, Dede. (2013). Peran Pembimbing Rohani Islam dalam Memperbaiki Kesehatan Mental Lansia di Panti Sosial Tresna Wredha Budi Mulia 2 Cengkareng. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Kementerian Agama RI. (2014). Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya. Surabaya: Halim Publishing & Distributing.

Kementerian Kesehatan RI Pusat Data dan Informasi. (2017). JurnalAnalisis Lansia di Indonesia. Jakarta.

Munir Amin, Samsul. (2013). Bimbingan dan Konseling Islam Edisi Pertama Cetakan Kedua. Jakarta: Amzah.

Noor, Juliansyah. (2013). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah Ed. I. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pandji, Dewi. (2012). Menembus Dunia Lansia: Membahas Kehidupan Lansia Secara Fisik Maupun Psikologis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Puji Astuti, Diah. (2017). Pelaksanaan Dzikir untuk Menumbuhkan Ketenangan Jiwa Narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Boyolali.Skripsi. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Ruslan, Rosady. (2006). Metode Penelitian Public Relations & Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Alfabeta.

Tarwalis. (2017). Dampak Dzikir Terhadap Ketenangan Jiwa (Studi Kasus di Gampong Baet Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar). Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Neegeri Ar-Raniry.




DOI: 10.24235/prophetic.v4i2.9663

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prophetic Indexed By:  

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal Published by Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department Islamic Guidance Counseling, Faculty of Ushuluddin, Adab and Da'wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: prophetic.bki@syekhnurjati.ac.id / Email: prophetic.jurnal@gmail.com