PERAN IBRĀHĪM AL-KŪRĀNĪ DALAM PENGEMBANGAN ISLAM DI NUSANTARA

Frenky Mubarok(1*),


(1) STAIS Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan Islam di Nusantara tidak dapat dilepaskan dari ulama-ulama yang telah belajar di pusat peradaban Islam di Timur Tengah, khususnya di dua kota suci Makkah dan Madinah. Artikel ini membahas salah satu tokoh ulama yang menjadi rujukan keilmuan para mahasiswa dari Nusantara ketika belajar di Haramayn, yaitu Ibrāhīm Al-Kūrānī. Meskipun Ibrāhīm Al-Kūrānī tidak pernah secara langsung berdakwah di Nusantara, namun para muridnya yang berasal dari Nusantara mengajarkan ajarannya dengan bersumber dari kitab-kitab karyanya. Ajaran Ibrāhīm Al-Kūrānī yang menekankan pentingnya pemahaman Ilmu Hakikat, Ilmu Tariqat, dan Ilmu Syari’at tetap dipegang teguh oleh mayoritas umat Islam saat ini.

 Kata Kunci: Ibrāhīm Al-Kūrānī, Islam, Nusantara


Full Text:

PDF

References


Al-Kūrānī, Ibrāhīm, Itḥāf al-Dhakī, dalam Oman Fathurahman, Itḥāf al-Dhakī Tafsir Wahdatul Wujud bagi Muslim Nusantara (Jakarta: Penerbit Mizan, 2012)

Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII Akar Pembaruan Islam Indonesia (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013), 91.

Bruinessen, Martin Van, “Mencari Ilmu dan Pahala di Tanah Suci Orang Nusantara Naik Haji” dalam Ulumul Qur’an Jurnal Ilmu dan Kebudayaan No. 5 (Jakarta: Lembaga Studi Agama dan Filsafat, 1989)

Bruinessen, Martin Van, “Studies of Sufism and the Sufi Orders in Indonesia Source”, dalam Die Welt des Islams (Brill: Vol. 38, Issue 2, Jul., 1998)

Fathurahman, Oman, “Tarekat Syattāriyah Memperkuat Ajaran Neosufisme,” dalam Mengenal dan Memahami Tarekat-Tarekat Muktabarah di Indonesia (Jakarta: Kencana, 2011)

Fathurahman, Oman, Itḥāf al-Dhakī Tafsir Wahdatul Wujud bagi Muslim Nusantara (Jakarta: Penerbit Mizan, 2012)

Knysh, Alexander, “Ibrāhīm al-Kūrānī (d. 1101/1690), an Apologist for Waḥdat al-Wujūd”, dalam Journal of The Royal Asiatic Society (Cambrige: Cambrige Univesity Press, Vol. 5. No. 1. Apr., 1995)

Nafi, Basheer M., “Taṣawwuf and Reform in Pre-Modern Islamic Culture: In Search of Ibrāhīm al-Kūrānī,” dalam Die Welt des Islams, (Brill: Vol. 42. Issue 3, 2002)

Jumantoro, Totok dan Samsul Munir Amin, Kamus Ilmu Tasawuf (Wonosobo: Penerbit Amzah, 2012)

Al-Tabrīzī, Sayyid Muḥsin al-Mūsawī, Muntakhab Asrār al-Sharī’a (Iran: al-Ma’had al-Thaqafī Nūr ‘Alà Nūr, 1423 H)

Fazeli, Seyyed Ahmad, Mazhab Ibn Arabi Mengurai Tasybih dan Tanzih, diterjemahkan oleh Muhammad Nur Jabir (Jakarta: Sadra Press, 2016)

Al-Fanāry, Ḥamzah, Miṣbāḥ al-Uns (Iran: Intithārat Mūlā, 1384 H)

Ibn ‘Arabī, Muḥy al-Dīn, al-Futūḥāt al-Makiyya, juz 3 (Beirut: Dar Sader Publishers, tth)

Ibn ‘Arabī, Muḥy al-Dīn, “Al-Tanzilāt al-Mawṣuliya fī Asrār al-Ṭāhirāt wa-l-Ṣalawāt wa-l-Ayām al-Aṣliya”, dalam Majmū’ah Rasāil Ibn ‘Arabī Jilid 2. (Beirut: Dār al-Maḥajah al-Bayḍā, 2000)




DOI: 10.24235/tamaddun.v6i1.2583

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam

Tamaddun indexed by:

This journal provides immediate pen access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats Jurnal Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam Published by Department History and Islamic Civilization, Faculty of Ushuluddin, Adab, and Da`wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2st Floor, Department History and Islamic Civilization, Faculty of Ushuluddin, Adab, dan Da`wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: jurnaltamaddun@syekhnurjati.ac.id