Teori Ashabiyah Ibnu Khaldun Sebagai Model Perkembangan Peradaban Manusia

Theguh Saumantri(1*), Abdillah Abdillah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK: Abdurrahman bin Muhammad atau yang dikenal dengan nama Ibnu Khaldun adalah seorang intelektual muslim yang sangat terkenal dan fenomenal dalam keilmuan Islam. Selain dikenal dengan bapak historiografi, Ibnu khaldun dikenal juga sebagai ahli ekonomi dan sosiologi. Pemikiran-pemikiranya berbeda dengan filsuf sebelumnya yang lebih banyak berbicara tentang eskatologi. Ide pokoknya Ibnu Khaldun lebih kepada pengetahuan empiris yang ada disekitarnya. Oleh karna itu dalam kajiannya beliau menulis tentang sejarah, ekonomi dan sosial.

Salah satu ide pokok pemikirannya adalah tentang teori ashabiyah yang mendiskripsikan tentang peradaban masyarakat sosial. Pada dasarnya  manusia hidup berkelompok, saling menggantungkan dan tidak dapat hidup sendiri oleh karena itu perkembangan peradaban manusia dibentuk oleh kerukunan dan solidaritas antar manusia.  Disinilah adanya tujuan yang sama dari masing-masing manusia yaitu terwujudnya ashabiyah(komunitas) di antara mereka. Teori ashabiyah akan menjadi basis perkembangan peradaban manusia. Kesatuan sosial yang terbentuk mulai dari kelompok kecil sampai kepada kesatuan kelompok yang besar.

Dalam kajian ini penulias mencoba untuk menganalisis pemikiran Ibnu Klaldun tentang epistemologinya berkaitan dengan perkembangan peradaban manusia. Dari kajian ini dapat diketahui bahwa pada prinsip peradaban manusia menurut Ibnu Khaldun adalah terwujudnya ashabiyah untuk menciptakan perkembangan dan peradaban manusia.

Kata kunci: Ibnu Khaldun,  Ashabiyah, Peradaban.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alfiyah, Hanik Yuni, (2006). Ibnu Khaldun dan Tafsir Sosial, Jurnal Paramedia, Vol. 7, No, 2, April.

Audah, Ali, 1996. Ibnu Khaldun Sebuah Pengantar, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Esposito, L, Jhon (ed). (2001). Ensiklopedi Dunia Islam Modern, Jilid I, Bandung: Mizan.

Huda, Nurul, (2008). Pemikiran Ibn Khaldun Tentang Ashabiya, jurnal Suhuf, Vol. 20. No.1, Surakarta: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khaldun, Ibn, (2000). Muqoddimah, Terj. Ahmadie Thoha, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Kudairi, Zainab, (1999). Filsafat Sejarah Ibnu Khaldun, Bandung: Pustaka.

Marcuse, Harbert, (2000). One Dimensionan Man, Ter, Silvester G. Pertama dan Yusup Priyasudiarja Yogyakarta: Yayasan Benteng Budaya.

Maryam, (2012). Kontribusi Ibnu Khaldun Dalam Historigrafi Islam, Jurnal Thaqafiyyat, Vol. 13, No. 1, UIN Suka Yogyakarta.

Raliby, Oesman, (1988). Ibnu Khaldun Tentang Mayarakat dan Negara, Jakarta: Bulan Bintang.

Syam, Firdaus, (2010). Pemikiran Pilitik Dan Barat: Sejarah, Filsafat, Ideologi Dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Ke-3, Ed. I, Cet. 2, Jakarta: Bumi Aksara.

Yatim, Badri, (1990). Ibnu Khaldun: Riwayat dan Karyanya, Jakarta: Grafiti Prers.

Zainuddin, A. Rahman, (1992). Kekuasaan dan Negera: Pemikiran Ibnu Khaldun, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: 10.24235/tamaddun.v8i1.6326

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tamaddun indexed by:

This journal provides immediate pen access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats Jurnal Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam Published by Department History and Islamic Culture, Faculty of Ushuluddin, Adab, and Da`wah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Editorial Office:

FUAD Building, 2st Floor, Department History and Islamic Culture, Faculty of Ushuluddin, Adab, dan Da`wah, IAIN Sheikh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: jurnaltamaddun@syekhnurjati.ac.id