KEMAMPUAN MENULIS AL-QUR’AN SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MELALUI STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS

Ulfah ulfah(1*), Dadan Fitria Ramdhan(2), Dede Rohaniawati(3),


(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan kemampuan menulis Al-Qur’an antara siswa yang menggunakan pembelajaran dengan strategi practice rehearsal pairs dengan siswa yang menggunakan pembelajaran metode imla’ pada kelas III MI Cahaya Kota Cimahi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen atau eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah the two-group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di MI Cahaya Kota Cimahi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes uraian yang sesuai dengan indikator kemampuan menulis Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara siswa yang menggunakan strategi practice rehearsal pairs dan yang menggunakan metode imla’ dinyatakan terdapat perbedaan. Strategi practice rehearsal pairs memiliki peranan yang cukup besar dan signifikan terhadap kemampuan menulis Al-Qur’an. Penerapan strategi practice rehearsal pairs dalam proses menulis Al-Qur’an mempunyai keunggulan yaitu menumbuhkan keaktifan, kemandirian dalam belajar, partisipasi dan kreativitas siswa.

Kata kunci: Strategi Practice Rehearsal Pairs, Kemampuan Menulis Al-Qur’an

 

Abstract

This study aimed to find out how the difference in the ability to write Al-Qur'an between students using learning with practice rehearsal pair strategy with students using imla’ learning method in the third grade of MI Cahaya Cimahi City. This research was a quasi-experimental or quasi-experimental research. The design used was the the two-group pretest-posttest design. The sample in this study were all grade III students at MI Cahaya Cimahi City. The instrument used was the observation sheet and test description in accordance with the indicators of the ability to write the Qur'an. The results show that between students who apply the practice rehearsal pair strategy and those who apply the imla’ method there are differences.  The practice rehearsal pair strategy has a crucial and significant role in the ability to write the Qur'an. The application of the practice rehearsal pair strategy in the process of writing the Qur'an has the advantage of growing students’ activeness, independent learning, participation and creativity.

 

Keywords: practice rehearsal pair strategy, writing Al-Qur’an skills


Full Text:

PDF

References


Aman, A. (2017). Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis al-Qur’an terhadap Hasil Belajar al-Qur’an Hadis Siswa Madrasah Tsanawiyah Perguruan Islam Ganra Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Anwar, C. (2018). Pendidikan Quran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah. Bandung: Fajar Media

Aquami. (2017). Korelasi antara Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an dengan Keterampilan Menulis Huruf Arab pada Mata Pelajaran Al- Qur ’ an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. Ilmiah PGMI, 3, 77–88.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research Methods in Education. Research Methods in Education. https://doi.org/10.4324/9781315456539

Okta, D., Mustika, I. W., & Adzan, N. K. (2019). Pembelajaran Gerak Tari Muli Siger Menggunakan Strategi Practice Rehearsal Pairs pada Pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Ambarawa. Jurnal MSeni dan Pembelajaran, 7(3).

Al-Ghozi, M. C. (2018). Peningkatan kemampuan menghafal surat pendek melalui strategi Practice Rehearsal Pairs (PRP) mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IV SD Kh Thohir Bakri Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Gusman. (2017). Anlisis Faktor Penyebab Kurangnya Kemampuan Siswa dalam Baca Tulis Al-Qur’an di MTSN Kedurang Bengkulu Selatan. Al-Bahtsu, 2(2).

Halimah, S. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Membacakan Naskah Berita Menggunakan Strategi Practice Rehearsel Pairs. Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 35–40.

Hasani, Z. F. (2013). Penerapan Metode Imla’ untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VII C MTS Muhammadiyah 02 Pemalang. Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 2(1), 57-64.

Indrawati, L., & Rohma, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Membaca Surat-Surat Pendek melalui Strategi Partice-Rehearsal Pairs Pada Siswa Kelas III MI Baitur Rohim Gedangan Sidoarjo. Penelitian Tindakan Kelas PAI, 7, 29–42.

Jinnah, M. A. (2013). Keefektifan Strategi Practice Rehearsal Pairs terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Karya Rancangan Sendiri di SD Negeri Pesarean 01 Kabupaten Tegal (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Nurbani. (2014). Penerapan Model Belajar Practice Rehearsal Pairs Berbatuan Kartu Kata untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Hukum Bacaan Lam dan Ra dalam Surah An-Nasr, Al-Buruj dan Al-Fajr Kelas VIII/C di MTS Negeri Rantauprapat.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, 245 (2007).

Poetri, M., & Bahruddin, E. (2019). Hubungan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTS Al-Muasyarah Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(5), 11–22.

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2020). Introducing local wisdom by numbering and reading. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032013

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69-76.

Putri, A. E., Eidas, & Dewi, I. P. (2018). Pengaruh Model Active Learning Tipe Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Siswa X TKJ dalam Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri 3 Pariaman. VOteknika, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.16043/j.cnki.cfs.2019.15.130

Sadjad, A. (2019). Pembelajaran Aktif Melalui Metode Imla’ untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Arab pada Siswa Kelas VIIA SMPN 2 Tulakan Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Transformasi: Jurnal Studi Agama Islam, 4, 5–10.

Sebayang, A. A., & Nahar, S. (2017). Desain Pembelajaran Imla’ dalam Meningkatkan Kemampuan Munulis Tulisan Arab bagi Santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan. Edu Riligia, 1(4), 573–588.

Susanti, D. H., Ariani, T., & Gumay, O. P. U. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe Prctice Rehearsal Pairs pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII SMP PGRI Raksa Budi Tahun Pelajaran 2016/2017. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(58), 0–11.

Wulandari, W. I. (2018). Peningkatan keterampilan menulis huruf al-Quran (Surat Al-Maun, Al-Kafirun, At-Takasur) melalui practice rehearsal pairs di kelas V SD Al-Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Zulkarnain, K. D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Practice-Rehearsal Pairs Dengan Media Maket Pada Materi Pelajaran Konstruksi Bangunan Atap Dan Kuda-Kuda Kayu Siswa Kelas X Tgb Di Smk Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2/JKPTB/18), 238–244.




DOI: 10.24235/ath.v30i2.6938

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.