KONFLIK MAJLIS TAFSIR AL-QUR’AN (MTA) DAN NAHDLATUL ULAMA (NU) (ANALISIS HABITUS PIERE BOURDIEU)

Hanung Sito Rohmawati(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini mengulas tentang konflik antara Majlis Tafsir Al-Qur’an dan Nahdlatul Ulama yang terjadi sekitar tahun 1990-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, sumber primer dalam penelitian ini yakni penelitian-penelitan tentang konflik antara MTA dan NU. Tulisan ini menggunakan perspektif Piere Bourdieu melalui teori habitus. Dalam  konteks  konflik MTA dan NU menurut kacamata teori habitus Bourdieu bahwa dua organisasi masa Islam ini mempengaruhi habitus para warganya. MTA yang merupakan kelompok muslim puritan sedangkan NU adalah kelompok Muslim kultural. Dalam hal ini konflik MTA dan NU dapat dianalisis bahwa habitus yang berbeda diantara keduanya membuat adanya camp atau perjuangan diantara keduanya bahwa masing-masing dari keduanya ada yang merasa dikuasai dan menguasai


Keywords


Konflik; Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA); Nahdlatul Ulama (NU); Habitus.

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, Konflik Antar Aliran Keagamaan (Studi Kasus Konflik Warga Nahdlatul Ulama dan Majlis Tafsir Al-Qur’an di Desa Mediyunan Kec Ngasem Kab Bojonegoro), Skripsi Prodi Ilmu Sosiologi IAIN Sunan Ampel Surabaya. 2012

Asri Wahyu Ramdhani, Konflik Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) dan Nahdlatul Ulama (NU) Kota Purworejo, 2016/2017 diakses dari https://www.researchgate.net/publication/319311767_Konflik_Majelis_Tafsir_Al-Qur'an_MTA_dengan_Nahdlatul_Ulama_NU_Kota_Purworejo pada 20 Juli 2022 pukul 13.57 WIB

Asy’ari, KH. Hasyim. 2008. syafruddin Mahmud (penj), Risalah Al-Bid’ah wa al-sunnah (Risalah Bid’ah dan sunnah). Bekasi:Subulussalam Indonesia.

Bourdieu, Pierre. 2012. Arena Produksi Kultural Sebuah Kajian Sosiologi Budaya, Yudi Santosa penj. Bantul:Kreasi Wacana.

Edkins, Jenny dan Wiliams, Nick Vaughan. 2010. Teori-teori Kritis Menantang Pandangan Utama Studi Politik Internasional, Teguh Wahyu Utomo, penj. Yogyakarta:Baca!.

Fadeli, Soeleiman dan Subhan, Mohammad. 2010. Antologi NU Sejarah-Istilah-Amaliah-Uswah Buku I. Surabaya: Khalista, 2010.

Harahap, Nursapia. Penelitian Kepustakaan, Iqra, Vol. 8 N0 1 2014, hlm.68

Haryatmoko, Landasan Teoritis Gerakan Sosial Menurut Pierre Bourdieu Menyingkap Kepalsuan Budaya Penguasa dalam BASIS No.11-12, Tahun ke-52, November-Desember 2003

http://beritajatim.com/politik_pemerintahan/192377/dprd_gresik_minta_aktivitas_majelis_tafsir_al_qur'an_distop_dulu.html, diakses tanggal 5 Maret 2014.

http://www.mta.or.id diakses tanggal 22 Juli 2022 Pukul 11.13 WIB

Jenkins, Ricard. 2010. Membaca Pikiran Pierre Bourdieu, Nurhadi penj. Bantul:Kreasi Wacana

Johnson, Randal. 2012. Pengantar Pierre Bourdieu tentang Seni, Sastra dan Budaya dalam Pierre Bourdieu, Arena Produksi Kultural Sebuah Kajian Sosiologi Budaya, Yudi Santosa penj. Bantul:Kreasi Wacana.

Ma’rifah, Indriyani dan Asroni, Ahmad. BEREBUT LADANG DAKWAH PADA MASYARAKAT MUSLIM JAWA: (Studi Kasus terhadap Konflik Majelis Tafsir Al-Qurían (MTA) dan Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Purworejo, Jurnal Dakwah, Vol. XIV, No. 2 Tahun 2013.

Mutahir, Arizal. 2011. Intelektual Kolektif Piere Bourdieu Sebuah Gerakan Untuk Melawan Dominasi. Bantul:Kreasi Wacana.

Muzadi ,KH. Abdul Muchith. 2006. Mengenal Nahdlatul Ulama. Surabaya: Khalista.

Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sobary, Mohamad. 2010. NU dan Keindonesiaan. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Suryadilaga, Muhammad Alfatih. Majlis Tafsir Al-Qur’an dan Keberagamaan di Indonesia: Studi Tentang Peran dan Kedudukan Hadis Menurut MTA, Masyarakat Indonesia Vol 41 (1) Juni 2015




DOI: 10.24235/jy.v8i2.11108

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.