TRADISI HAUL DI PESANTREN (KAJIAN ATAS PERUBAHAN-PERUBAHAN PRAKTIK HAUL DAN KONSEP YANG MENDASARINYA DI BUNTET PESANTREN, KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON TAHUN 2000-2019)

Maknunah -(1*), Wakhit Hasim(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang memiliki berbagai macam budaya dan tradisi. Selain tradisi keilmuan dan sufistik, pesantren juga memiliki kultur yang khas. Salah satu ciri khas tradisi pesantren yang dianggap sakral dan dilaksanakan dalam rangkaian tahlil, pengajian dan sedekah adalah haul. Seiring dengan perkembangan zaman, haul di Buntet Pesantren mengalami perubahan dan perkembangan baik dalam tata cara maupun konsep yang mendasarinya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perubahan praktik haul di Pesantren Buntet Cirebon dari waktu ke waktu dan bagaimana konsep yang mendasari perubahan praktik haul itu terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang merupakan sebuah metode yang menjelaskan dan mengungkap makna konsep dan pengalaman, terutama yang berkaitan dengan perubahan-perubahan praktik haul yang terjadi di Buntet Pesantren dan konsep apa yang mendasarinya. Sementara itu, landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi pengetahuan Emile Durkheim yang hasilnya menunjukkan bahwa praktikpraktik haul yang terjadi dari tahun ke tahun semakin berkembang dalam hal cara pelaksanaannya. Dimana sebelumnya, haul dianggap sebagai sesuatu yang sakral dan bersifat ukhrawi. Akan tetapi seiring perkembangan zaman dan globalisasi, sakralitas haul menjadi tergeser dan bersifat biasa saja bahkan cenderung bersifat duniawi.

Keywords


pesantren, perubahan, perkembangan

Full Text:

PDF

References


Baso, Ahmad. 2015. Pesantren Studies 2a Kosmopolitanisme Peradaban Kaum Santri di Masa Kolonial. Jakarta: Pustaka Afid

Bruinessen, Van Martin. 1999. Kitab Kuning, Pesantren dan Pesantren: Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia, Bandung: Mizan

Indahyani, Fuziyah. Studi Desakriptif Kualitatif Pengetahuan guru sekolah Dasar Tentang Bullying di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas, 2015, diunduh dari Https://Repository.ump.ac. id pada 15 Jul. 19 pukul 11.27 WIB

Mukhtar, Maksum. 2014. Pondok Pesantren di Wilayah III Cirebon. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Mustofa. Jurnal An-Nuha: Kedatangan Islam dan Pertumbuhan Pondok Pesantren di Indonesia Perspektif Filsafat Sejarah. vol. 2 No. 1 , Juli 2015.

Roibin. 2009. Relasi Agama dan Budaya Masyarakat Kontemporer. Malang: Press

Soekanto, Soerjono. 2010. Mengenal Tujuh Tokoh Sosiologi, Jakarta: PT Raja grafindo Persada.

Susilo, A.M Pradoko. Jurnal: Imaji. Teori-Teori Realitas Sosial Dalam Kajian Musik, Volume 2 No. 1 Februari 2004.

Umar, Abdullah. Kitab Kaukabuddurriyah masalah Khilafiyyah (dalam Bab Sampainya Pahala bagi Orang Meninggal), juz 1




DOI: 10.24235/jy.v5i2.5662

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Yaqzhan indexed by :