Membumikan Tuhan: Telaah Konsepsi Sufistik Wahdat al-Wujud dalam Lokus Perilaku Sosial Kemanusiaan

A Syatori(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Tasawwuf atau sufisme sebagai salah satu dari khazanah intelektual Islam menempatkan aspek batiniah manusia pada posisi sentral dalam berbagai tema pembahasannya. Pada saat tertentu, bahkan seringkali menghubungkan kesempurnaan batin manusia dengan wujud yang satu, yang transenden, yakni wujud Tuhan. Pada perkembangannya, tema di atas telah memunculkan berbagai konsep yang secara spesifik dan kompherensip membahas pola hubungan tersebut. Salah satunya yang paling berpengaruh adalah konsep wahdat al-wujud yang diperkenalkan dan dikembangkan oleh seorang sufi besar Islam dari Murcia, Andalusia, Spanyol yang bernama Muhammad Ibn ‘Ali Ibn Muhammad Ibn al-‘Arabi al-Tha’i al-Hatimi yang hidup pada abad ke-5 H atau abad ke-11 M (Austin, 1994: 17). Ia memiliki gelar Muhyiddin (penghidup agama) dan al-Syaikh al-Akbar (guru terbesar). Selanjutnya ia lebih dikenal dengan nama Ibn al-‘Arabi.


Full Text:

PDF

References


Ibn al-‘Arabi, 1972, Al-Futuhat al-Makkiyyah, Ed. Usman Yahya, Mesir:Al-Hai’at al-Misriyyah al-Ammah li al-Kitab.

______________, 1980, Fushus al-Hikam, Ed. AE. Afifi, Beirur:Dar al-Kitab al-‘Arabi.

Ali Yunasril, 1997, Manusia Citra Ilahi, Jakarta:Paramadina.

Chittick William C., 2001, Dunia Imajinal Ibnu ‘Arabi, Terjemahan Achmad Syahid dari Imaginal World, Ibn al-‘Arabi and The Problem of Religious Diversity, Surabaya:Risalah Gusti.

Danner Victor, 1999, Mistisisme Ibnu ‘Atha’illah, Terjemahan Roudlon dari Ibn ‘Athai’illah’s Shufi Aphorisms, Surabaya: Risalah Gusti.

Murata Sachiko, 1999, The Tao of Islam, Terjemahan Rahmani Astuti dan M.S. Nasrullah dari The Tao of Islam, Bandung:Mizan.

Noer Kautsar Azhari, 1995, Ibn al-‘Arabi:Wahdat al-Wujud Dalam Perdebatan, Jakarta:Paramadina.

Zaini M. Fudoli, 2000, Sepintas Sastra Sufi: Tokoh dan Pemikirannya, Surabaya:Risalah Gusti.

Austin RWJ., 1994, Sufism Of Andalusia, terjemahan MS. Nasrullah dari Ruh al-Quds dan Durrat al-Fakhirah, Bandung:Mizan.




DOI: 10.24235/jy.v6i2.7258

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.