SOSIALITAS MANUSIA PERSPEKTIF MARTIN BUBER DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA

Muhammad - Yunus(1*),


(1) STAI BUmi SIlampari Lubuklinggau
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep sosialitas manusia dalam pemikiran Martin Buber dan berupaya melihat relvensi konsep tersebut terhadap nilai-nilai pancasila. Rumusan pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep sosialitas manusia dalam perspektif filsafat Martin Buber?, dan  bagaimana relevansi konsep tersebut dalam kaitannya dengan nilai sila-sila pancasila?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah kepustakaan seperti jurnal, buku dan dokumen lain yang relevan. Data dianalisa dengan metode hermeneutic yang terdiri dari unsur deskripsi dan interpretasi. Hasil penelitian menemukan (1) Martin Buber membagi relasi manusia menjadi tiag jenis yaitu, Aku-Itu, Aku-Dia dan Aku-Engkau. Relasi Aku-Engkau adalah model relasi yang tepat dalam pergaulan antar sesama karena dalam relasi jenis ini manusia saling mengadakan bukan sebaliknya. Relevansi konsep Martin Buber terhadap pancasila yaitu sebagai berikut: Pertama, Engkau bagi Martin Buber tidaknya hanya terbatas pada manusia namun juga mengacu kepada Tuhan. Konsep ini relevan dengan sila ketuhanan. Kedua, dalam relasi Aku-Engkau terefleksikan bahwa aku harus memperlakukan orang lain sebagaimana aku ingin diperlakukan. Kedua,  dalam hal ini berlaku sila ke-2 yaitu anti dehumanisasi. Ketiga, Aku-Engkau sebagai pasangan yang saling mengadakan adalah berbeda dalam kesatuan dan bersatu dalam perbedaan (Sila ke-3). Keempat, dialog yang berorientasi pada sikap saling memahami, tanpa memaksakan kehendak pribadi, win-win solution, adalah nilai sila ke-4 pancasila yang juga terkandung dalam pemikiran Martin Buber. Kelima, relasi Aku-Engkau mensyaratkan manusia untuk adil, yang berarti memberikan apa yang menjadi haknya, tanpa diskriminatif.


Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/jy.v7i1.7631

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.