TEORI GENERATIF TRANSFORMATIF NOAM CHOMSKY (STUDI ATAS HADIS NABI TENTANG WABAH)

M. Yusuf(1*), Dian Aulia Nengrum(2),


(1) UIN Sunan Ampel Surabaya
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Hadis merupakan salah satu sumber ajaran agama Islam. Nabi Muhammad saw. menyampaikan hadis kepada para sahabat sebagai salah satu pewaris Nabi, dengan jumlah yang cukup banyak dan tentunya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Tidak semua para sahabat Nabi juga dapat menghadiri majlis pada saat Nabi menyampaikan suatu hadis. Hal ini tidak menutup kemungkinan adanya redaksi hadis yang berbeda namun memiliki makna yang sama. Artikel ini bertujuan menganalisis hadis Nabi tentang wabah dengan teori generative transformative yang diusung oleh Noam Chomsky. Dalam artikel ini penulis memaparkan dua hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Ahmad dengan redaksi yang hampir sama, namun jika dilihat secara seksama ada beberapa redaksi hadis yang berbeda, baik berupa ziyadah/addition maupun ihlal/replacement.

Full Text:

PDF

References


Basit, Muhammad Ali Abdul. “APLIKASI TEORI GENERATIF-TRANSFORMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN NURUSSALAM KRAPYAK YOGYAKARTA.” Diakses 10 Januari 2021. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/liar/article/view/648/375.

El Qorny, Ashief. “ANALISIS GENERATIF-TRANSFORMATIF DALAM HADITS NABI TENTANG KEUTAMAAN ILMU.” Diakses 10 Januari 2021. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/liar/article/view/554/337.

Gawami AlKalem V4.5, t.t.

Hasibuan, Abdulloh. “PERBEDAAN TEORI LINGUISTIK FERDINAND DE SAUSSURE DAN NOAM CHOMSKY | Jurnal Metamorfosa.” Diakses 10 Januari 2021. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/127.

Jaya, Jaya. “Proses Asimilasi Bunyi Konsonan Bahasa Bugis Dialek Sigeri: Kajian Transformasi Generatif.” Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian 1, no. 1 (14 Mei 2019). https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/7.

Khasanah, Nurul. “Desain Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Potensi/ Fitrah.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (30 Desember 2018): 159–80. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-01.

Kusuma, Alam Budi. “PENDEKATAN DAN METODOLOGI PENGAJARAN BAHASA ARAB.” Journal Ihtimam 1, no. 1 (1 Juni 2018). https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/ihtimam/article/view/158.

Latifah Anwar. “Penulisan Hadis Pada Masa Rasulullah Saw.” Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Hadist Vol 3, No. 2 (Juni 2020).

Lidwa Pusaka i-software - Kitab 9 Imam Hadits, t.t.

Lubis, Diqi Agam. “تركيب الجمل العربية باستخدام النظرية التوليدية التحويلية عند نعوم تشومسكي (Noam Chomsky) تحليلا وتعليما.” Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2014. http://etheses.uin-malang.ac.id/8232/.

M. Alfatih Suryadilaga. Pengantar Studi Quran Hadis. Yogyakarta: Kaukaba, 2014.

Permata, Bagus Adrian. “TEORI GENERATIF-TRANSFORMATIF NOAM CHOMSKY DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” EMPIRISMA: JURNAL PEMIKIRAN DAN KEBUDAYAAN ISLAM 24, no. 2 (1 Juli 2015). https://doi.org/10.30762/empirisma.v24i2.18.

Retnani, Rahna Mahesi, dan Abdul Basid. “Disekuilibrium kompetensi dan performansi mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab dalam debat Bahasa Arab berdasarkan perspektif Noam Chomsky.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa I Tahun 2017, 145–70. Malang: UM Press, 2017. http://repository.uin-malang.ac.id/2248/.

Setiadi, Alif Cahya. “PENGAJARAN BAHASA DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF: Analisis Atas Teori Transformatif-Generatif Noam Chomsky.” At-Ta’dib 4, no. 1 (27 Agustus 2016). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i1.569.

Susiawati, Wati. “IMPLEMENTASI TEORI CHOMSKY DALAM BAHASA ALQURAN.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5, no. 2 (28 Desember 2018): 273–91. https://doi.org/10.15408/a.v5i2.8896.

“The history of hadith : historiografi hadits nabi dari masa ke masa / Muhammad Abu Zahw ; penerjemah, Abdi Pemi Karyanto, Mukhlis Yusuf Arbi ; editor, Dede Firmansyah, Bagus Irawan | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Diakses 1 Februari 2021. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=954625.

Turaeni, Een. “Desains Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab: Pendekatan Potensi Fitrah.” EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 8, no. 2 (9 Desember 2019). https://doi.org/10.24235/ibtikar.v8i2.5360.

Ulum, Bahrul. “I’DAAD MAWAAD TA’LIM AL NAHW AL ARABII FI DHAU’ AL NADZARIYAH AL TAULIDIYAH WA AL TAHWIILIYAH : AL BAHTS WA AL TATHWIIR MA’A AL TABIIQ ALA THULAB MUSTAWA AL TSAANII FII QISM AL LUGHAH AL ARABIYAH WA ADABIHAA BI KULLIYAH AL AADAAB WA AL ULUUM AL INSANIYAH BIJAAMIAH SUNAN AMPEL AL ISLAMIYAH AL KHUKUMIYAH SURABAYA INDONESIA.” Masters, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2015. http://digilib.uinsby.ac.id/4000/.

Yusuf, Teddy. “KOMPARASI TRADISI LINGUISTIK HALLIDAY VERSUS TRADISI LINGUISTIK CHOMSKY.” JURNAL ISTEK 6, no. 1–2 (2012). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/286.




DOI: 10.24235/jy.v7i1.8216

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan Indexed By : 

              

                 



Editorial Office:

FUAD Building, 2nd Floor, Department of Aqeedah and Islamic Philosophy, Faculty of Ushuluddin, Adab and Dakwah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926 email: yaqzhanjurnal@gmail.com

Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan is licensed under a Creative Commons 4.0 International License.