Pasar Modal dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah di Bidang Pasar Modal

Mochammad Endang Djunaeni(1*),


(1) Prodi Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstraksi

 

Pasar Modal mempunyai posisi yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Pertumbuhan suatu pasar modal sangat tergantung dari kinerja perusahan efek. Untuk mengkordinasikan modal, dukungan teknis, dan sumberdaya manusia dalam pengembangan pasar modal diperlukan suatu kepemimpinan yang efektif. Perusahaan-perusahaan harus menjalin kerjasama yang erat untuk menciptakan pasar yang mampu menyediakan berbagai jenis produk dan alternatif infvestasi bagi masyarakat. Di pasar modal terdapat berbagai macam infomasi seperti laporan keuangan, kebijakan manajemen, rumor di pasar modal, prospektus, saran dari broker, dan informasi lainnya. Landasan operasional pasar modal di indonesia adalah Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) No : 40/DSN-MUI/X/2003 tentang pasar modal dan pedoman umum penerapan prinsip syariah di bidang pasar modal, menyatakan pengembangan ekonomi suatu negara tidak lepas dari perkembangan pasar modal, sebagaimana kita ketahui prinsip syariah telah dikembangkan di berbagai negara, di Indonesia memerlukan pasar modal yang aktifitasnya sejalan dengan prinsip syariah, hal ini merupakan suatu keniscayaan dimana Indonesia merupakan negara terbesar yang penduduknya memeluk agama Islam.

Kata Kunci : Pasar Modal, Prinsip Syaraiah, Investasi


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

M. Endang. D, Pengantar Manajemen Keuangan, Yogyakarta, deepublish, 2012.

Kasmir, Pengantar Manajemen Keuangan, Jakarta, Kencana Pranada Media Group, 2010.

Dermawan Sjahrial, Pengantar Manajemen Keuangan, Jakarta, Mitra Wacana Media, 2009.

M. Endang D, Toto Suharto, Manajemen Keuangan Syariah, Buku Ajar IAIN Syekh Nurjati, Cirebon, 2013.

Landasan Operasional Pasar Modal : Fatwa Dewan Syariah Nasional. No : 40/DSN-MUI/X/2003 tentang : Pasar Modal dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah di Bidang Pasar Modal.




DOI: 10.24235/amwal.v5i2.241

Article Metrics

Abstract view : 557 times
PDF - 969 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats