Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Pengenalan Literasi untuk Anak Usia Dini

Jazariyah Jazariyah(1*), Durtam Durtam(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Literasi dasar sebagai kecakapan hidup diantaranya adalah literasi baca tulis dan numerasi. Kemampuan ini perlu untuk dikembangkan sejak anak usia dini. Dalam pelaksanaan pengenalan literasi ini diharapkan guru pendidikan anak usia dini mampu untuk mendesain sesuai dengan kekhasan pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Guru dituntut untuk kreatif dalam membuat Alat Permainan Edukatif (APE) sebagai alat bantu untuk mengenalkan literasi. Kegiatan Pengabdian ini dimaksudkan untuk melakukan pendampingan dalam rangka membantu guru untuk meningkatkan kreativitas dalam pembuatan APE untuk pengenalan literasi. Tiga strategi dalam pengabdian di laksanakan, strategi pelaksanaan pengabdian secara teoritik, praktek dan dampingan. Hasil dari kegiatan pendampingan ini salahsatunya muncul modifikasi atau rancangan APE baru berupa kalender hijaiyah yang merupakan ide guru PAUD untuk pengenalan huruf hijaiyah.


Keywords


APE, Literasi, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Guswarni, E. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Permainan Kartu Gambar di Taman Kanak Kanak Negeri Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–12.

Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat. Journal An Nafs, 1(2), 291–319.

Pangastuti, R., & Farida, S. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al Hikmah: Indonesia Journal of Early CHhildhood Islamic Education, 1(1), 51–66.

Permendikbud 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD

Pradana, P. H. (2016). Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Keammpuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Tambusai, Research & Learning in Early Childhood Education, 2(2), 18–25.

Ratnasari Dwi Ade Chandra. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal A,I,U,E,O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun PAUD Labschool Jember. INDRIA, Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal, II(1), 45–71.

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 151–174.

Yennizar. (2018). Optimalisasi Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Saintifik. JISEC (Journal of Islamic Studies For Early Childhood, 1(1).




DOI: 10.24235/dimasejati.v1i2.5471

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jazariyah Jazariyah, Durtam Durtam