MENGUAK MISTERI HARTA KARUN WARISAN BAPAK TUA SEMAR: MENGENAL PAHAM MUKROMINIYYAH JANGGA INDRAMAYU

Idham Khalid(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemiskinan seringkali menjadikan orang pada kekufuran dan menggiringnya terjebak pada kehidupan yang penuh hayalan dan fatamorgana. Fenomena hidup dengan hiasan hayalan ini tampaknya dapat ditemukan pada para pengikut paham atau ajaran Mukrominiyyah yang dipimpin oleh Bapak Mukromin di desa Jangga Kecamatan Jangga Kabupaten Indramayu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian iini adalah pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan data primer dan skunder dengan teknik pengumpulan data melalui: riset kepustakaan, pengamatan terlibat (participant observation), wawancara terbuka (open interview) dan mendalam.Simpulan penelitian 1. Genealogi Mukrominiyyah. Mukrominiyah adalah merupakan kelompok keagamaan yang berawal dari munculnya pemikiran seorang yang bernama Mukromin. Mukrominiyah berada di Desa Jangga Kecamatan jangga Kabupaten Indramayu. 2. Doktri dan ajaran Mukrominiyyah meliputi: Harta karun, budi pekerti, fiqih, tasawuf dan tauhid. 3. Implikasi doktrin dan ajaran Mukrominiyyah. 1. Implikasi positif meliputi: pengikut Mukrominiyyah yang bersifat sabar, bijak dan dermawan. Sedangkan implikasi negatifnya adalah: para pengikut Mukrominiyah memiliki sifat pemimpi, malas bekerja dan terganggu akidahnya.

Kata kunci: Misteri, Harta karun, Paham, Mukrominiyyah.

 


Full Text:

PDF

References


A.M, Santrie. 1987. "Martabat Alam Tujuh" dalam Hasan, A.R. (peny.), Warisan Intelektual Islam Indonesia, Bandung: Mizan.

A.R. Idhamkholid. 2010. Tarekat Di Cirebon: Genealogi dan Polarisasinya. Cirebon: Pusat Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat (P3M). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Abdullah Ali. 2007. Tradisi Kliwon Gunung Jati Cirebon: Potensi Dan Masalahnya Sebagai Wisata Religi. Bandung : CV. Andira.

Akbar Kaelola. 2010. Mengenal Tokoh Wayang Mahabharata. Jakarta: Cakrawala.

Al-Hujwiri, Ali Ibnu ‘Utsman. Kasyful Mahjûb: Risalah Tertua Tentang Tasawuf : Bandung : Mizan. 1992., hlm. 342. Terjemahan dari buku Aslinya yang berjudul The Kasyf Al-Mahjub : The Oldest Persian Treatise On Sufism. Karya ‘Ali Ibnu ‘Utsman Al-Hujwiri. Terbitan Taj Compani. New Delhi. 1982.

Asna Aneta. 2010. Implementasi Kebijakan Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2kp) Di Kota Gorontalo. Jurnal Administrasi Publik, Volume 1 No. 1 Thn. 2010.

C. Rajagopalachari. 2012. Kitab Epos Mahabharata. Jogyakarta: IRCiSoD.

Cecep Alba. Cahaya Tasawuf. Bandung : CV. Wahana Karya Grafika. 2009

Djayu, Jamal. 2012. Apa itu Kaum Marjinal (Marginal)?. Diakses dari , pada tanggal 23 Mei 2013. Jam: 20:3242 WIB

Johnson, P.D. 1990. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Kuper, A. dan Kuper, J. 2000. Ensiklopedi llmu-ilmu Sosial (Edisi Kedua Buku 1). Jakarta: Penerbit Rajawali Press.

Kuper, A. dan Kuper, J. 2000. Ensiklopedi llmu-ilmu Sosial (Edisi Kedua Buku 2). Jakarta: Penerbit Rajawali Press.

Miftahul Futuh. Kemiskinan dalam pandangan Islam. http://miftahelfutuh.blogspot. com/2011/01/pandangan-islam-terhadap-kemiskinan.html. Diakses: Kamis 18-06-2015 Jam: 10:42:12 WIB

Moleong. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Pustaka Mulia.

Muhaimin. AG. 2001. Islam Dalam Bingkai Budaya Lokal: Potret Dari Cirebon, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Muhsin Labib. 2004 Mengurai Tasawuf Irfani Dan Kebatinan. Jakarta : Lentera.

Murtadha Muthahhari. 1992. Manusia Dan Agama, ter. Haidar Bagir Bandung Mizan,.

Mustofa, H.A. Akhlak Tasawuf. 1997. Bandung : Penerbit CV. Pustaka Setia.

Ritzer, G. 1992. Sosiologi llmu Pengetahuan Berparadigma Canda. (Diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Drs. Alimandan). Jakarta: Penerbit Rajawali Press.

S. Radhakrishnan. 2010. Kitab Bhaga Wadgita: Saripati Falsafah-Falsafah Bijak Mahabharata-Ramayana. Jogyakarta: IRCiSoD.

Satya Prihantoro. 2013. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Miskin Dalam Meningkatkan Pendapatan (Studi Empiris Di Kelurahan Bandung Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. http://journal.unnes. ac.id/ sju/index. php/jnfc.

Soekanto, S. 1992. Memperkenalkan Sosiologi. (Edisi Baru). Jakarta: Penerbit Rajawali Press.

Sri Mulyati. 2006.Tasawuf Nusantara. Rangkaian Mutiara Sufi Terkemuka. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.




DOI: 10.24235/holistik.v1i2.1123

Article Metrics

Abstract view : 587 times
PDF - 430 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.