استخدام أسلوب لعبة مفردة الحائط (Word Wall) في ترقية حفظ الطلاب على المفردات

Santi Apriyanti(1*), Muhsin Riyadi(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan permainan word wall merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan hafalan Kosakata siswa, selain itu dengan penggunaan permainan ini guru dapat menghilangkan rasa bosan siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab, adapun tujuan umum dari implementasi permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab adalah untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap Kosakata.

Dasar pemikiran dari penggunaan permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran kosakata bahasa arab dikarenakan permainan tersebut secara teori dapat meningkatkan pemahaman kosakata siswa.

Tujuan yang hendak dicapai dalam peneitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan hafalan siswa sebeum penggunaan permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran kosakata (2) untuk mengetahui kemampuan hafalan siswa setelah penggunaan permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran kosakata (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan word wall terhadap peningkatan kemampuan menghafal kosakata siswa.

Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, adapun tujuan penggunaan metode ini adalah untuk menganalisis penggunaan permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran kosakata bahasa arab serta pengaruhnya terhadap kemampuan hafalan kosakata siswa.

Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah (1) kemampuan menghafal siswa kelas VIII MTs KMI sebelum di implementasikannya permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab sebesar 36,4% nilai tersebut bermakna lemah (2) kemampuan menghafal siswa kelas VIII MTs KMI sesudah di implementasikannya permainan word wall dalam kegiatan pembelajaran bahasa arab sebesar 61,81% nilai tersebut bermakna cukup (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan permainan word wall dan peningkatan hafalan siswa meningat f-hitung (27,009) lebih besar daripada f-table (4,18), sementara itu nilai pengaruh penggunaan permainan word wall terhadap kemampuan hafalan siswa sebesar 0,81, nila tersebut mempunyai maksud pengaruh penggunaan permainan word wall terhadap peningkatan hafalan isiswa Kelas VIII MTs KMI Tanjungsari Majalengka kuat.

 Kata Kunci : Word Wall, Hafalan kosa kata


Keywords


Word Wall, Hafalan kosa kata

Full Text:

PDF

References


طعيمة رشدي أحمد.1989. تعليم العربية لغير ناطقين بها. المصر: جامعة المنصورة

مساعدة بن عبد الله النوح. 2004 . مبادئ البحث التربوي. الرياض: كلية المعلمين

ناصف مصطفى عبد العزيز، 1401هــ. الألعاب اللغوية فى تعليم اللغات الأجنبية. الرياض: دار المريح

عبد العزيز بن إبراهيم العصلي. 2002.طرائق تدريس اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى. الرياض: جامعة الإمام محمد بن سعود الاسلامي

Arikuto, Suharsimi. 2003. Metodologi Penelitian . Cet ke 4. Bandung; Alfabeta

Hermawan. Acep.2013. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaa Rosdakarya

Machsun. Strategi Pembelajaran Mufradat, http://MaC’hSunbogspot.com/2013/08/strategi-pembelajaran-mufradat.html diakses tanggal 26 Juli 2017

Mustofa, Saeful.2008. Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press.

Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Rosyidi, Abdul Wahab.2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press

Sugiyono, Anas.2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo




DOI: 10.24235/ibtikar.v7i2.3329

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF - 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Santi Apriyanti, Muhsin Riyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks: