PENGARUH TAYANGAN ADZAN MAGHRIB TERHADAP KETEPATAN WAKTU SHOLAT TERHADAP IBU-IBU MASYARAKAT DUKUH BOJONG DESA KALIBUNTU KEC LOSARI KAB BREBES

Sri Mega Dimiyati(1*), Abdul Basith(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Televisi merupakan media massa yang mengalami perkembangan paling fenomenal didunia. Dengan menciptakan suasana tertentu, yaitu menggabungkan antara media dengar dan gambar. Televisi juga bisa dijadikan media dakwah. Adzan adalah panggilan atau seruan untuk segera melaksanakan sholat. Seharusnya ditayangkannya tayangan adzan maghrib ditelevisi membuat orang yang menonton tayangan adzan tersebut segera melaksanakan sholat. Seperti dalam teori hipodermik yang mempunyai asumsi bahwa komponen-komponen komunikasi (komunikator-pesan-media) sangat mempunyai nilai besar dalam mempengaruhi komunikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tayangan adzan maghrib dalam televisi pada ibu-ibu masyarakat Dukuh Bojong Desa Kalibuntu Kec Losari Kab Brebes. Untuk mengetahui bagaimana ketepatan waktu sholat ibu-ibu masyarakat Dukuh Bojong Desa Kalibuntu Kec Losari Kab Brebes. Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tayangan adzan maghrib dalam televisi terhadap ketepatan waktu sholat ibu-ibu masyarakat Dukuh Bojong Desa Kalibuntu Kec Losari Kab Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Dengan jumlah responden 82 ibu- ibu. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefesiensi korelasi yang disambung dengan uji determinasi. Semua pengujian tersebut menggunakan alat bantu yaitu program SPSS versi 21.Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas setiap item pertanyaan pada variabel X dan variabel Y dinyatakan valid dan reliabel. Serta hasil koefesiensi korelasi yang dilanjut dengan uji determinasi. Tayangan adzan maghrib ditelevisi berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu sholat ibu-ibu masyarakat Dukuh Bojong Desa Kalibuntu Kec Losari Kab Brebes dengan nilai t hitung (10,465) lebih besar dari t tabel (2.10982).

 

Kata Kunci : Tayangan Adzan, Televisi, Ketepatan Waktu Sholat.


Keywords


Tayangan Adzan; Televisi; Ketepatan Waktu Sholat

Full Text:

PDF

References


Aziz, Moh ali. (2012). Ilmu Dakwah. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Effendy, onong uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT Citra Aditya Bakti

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Morisan, dkk. (2013). Teori Komunikasi Massa. Bogor : Ghalia Indonesia

Ma’arif, bambang S. (2010). Komunikasi Dakwah. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Darmawan, deni. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT Remaja Rodakarya

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama

Suryabrata, Sumadi. (1997). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Siregar, syofiyan. (2010). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada




DOI: 10.24235/orasi.v9i1.2965

Article Metrics

Abstract view : 336 times
PDF - 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:

   

Crossref Orasi 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.