KONSTRUKSI BERITA UCAPAN SELAMAT NATAL DI NU ONLINE

Siti Mariyam(1*),


(1) IAIN Madura Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Perbedaan pendapat tentang ucapan selamat Natal setiap tahun selalu saja terjadi di kalangan ulama dan masyarakat. Hal ini membuat media massa tertarik untuk memberitakan persoalan tersebut. Pada kesempatan yang sama NU Online sebagai media Islam juga turut memberitakan persoalan ucapan selamat Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi berita yang dibangun oleh NU Online terkait ucapan selamat Natal. Analisis framing model Robert Entmant mencoba melihat bagaimana peristiwa atau realitas tersebut dibingkai dan dengan cara apa peristiwa atau realitas tersebut dibentuk, sehingga sampailah pada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa NU Online membingkai berita ucapan selamat Natal sebagai bagian dari toleransi, yaitu sebuah tindakan saling menghargai dan menghormati satu sama lain tanpa mengganggu kepercayaan dan keyakinan masing-masing. Dengan demikian, ucapan selamat Natal dalam frame NU Online tidak lagi mengarah pada persoalan teologi, tetapi lebih pada hubungan sosial, bahwa pada prinsipnya ajaran dalam agama Islam, terdapat dua hubungan individu dengan individu yang lainnya: selain hubungan seagama juga terdapat hubungan se-kemanusiaan. Ada umat agama lain yang merayakan hari raya mereka, karena itu wajar jika mengucapkan selamat atas hari raya antar pemeluk agama tanpa melibatkan persoalan akidah dan keyakinan.

 

 

Keywords


Konstruksi Berita, Ucapan Selamat Natal, NU Online

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, dan Keputusan Konsumen serta Kritik terhadap Peter Berger dan Thomas Luckman. Jakarta: Kencana.

Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Bumi Restu.

Eriyanto. 2011. Analisis Framing: Konstruksi Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Kovach, Bill, and Tom Rosentiel. 2006. Sembilan Elemen Jurnalisme. Jakarta: Yayasan Pantau.

Liliweri, Alo. 2001. Gatra-Gatra Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maryam, Siti. 2016. “Konstruksi Realitas Dalam Infotainment Silet.” Jurnal Aspikom 2 (6). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v2i6.93.

Sumber Berita:

Haq, Husnul. “Ragam Pendapat Ulama Soal Mengucapkan Selamat Natal”. Diakses dari http://www.nu.or.id/post/read/100603/ragam-pendapat-ulama-soal-mengucapkan-selamat-natal. (23 Agustus 2019).

Muchlishon. “Kata Prof. Quraish Shihab Soal Muslim Ucapkan Selamat Natal”. Diakses dari http://www.nu.or.id/post/read/100760/kata-prof-quraish-shihab-soal-muslim-ucapkan-selamat-natal (23 Agustus 2019).

Muchlishon. “Imbauan MUI kepada Umat Islam di Hari Natal”. Diakses dari http://www.nu.or.id/post/read/100759/imbauan-mui-kepada-umat-Islam-di-hari-natal (23 Agustus 2019).

Rozali, Ahmad. “Ucapan Selamat atas Hari Besar Agama Lain adalah Bentuk Penghormatan”. Diakses dari http://www.nu.or.id/post/read/100938/ucapan-selamat-atas-hari-besar-agama-lain-adalah-bentuk-penghormatan (23 Agustus 2019).




DOI: 10.24235/orasi.v11i1.4805

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.