PENERIMAAN KHALAYAK TERHADAP KONSTRUKSI MILLENNIAL PARENTING DI INSTAGRAM PARENTALK.ID

Soraya Ratna Pratiwi(1*),


(1) Kalbis Institute
(*) Corresponding Author

Abstract


Orang tua millennial memiliki pola asuh yang berbeda dengan pola asuh pada generasi sebelumnya. Millenial yang menjadi orang tua tidak lagi percaya terhadap pola asuh yang melibatkan mitos atau pun informasi pola asuh yang diragukan sumbernya. Parentalk hadir dengan visi dan misi membantu orang tua millennial untuk terhubung, mendapatkan inspirasi, dan membagikan cerita mereka tentang pengasuhan. Parentalk merupakan media yang berfokus pada konten untuk orang tua millenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan posisi khalayak, yaitu orang tua milenial terhadap informasi millennial parenting di Instagram @Parentalk.id. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan konsep decoding-encoding Stuart Hall. Data penelitian didapat dengan melakukan wawancara dan literature terkait. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa posisi informan berbeda-beda berdasarkan latar belakang dan kondisi keluarga masing-masing, namun posisi khalayak didominasi oleh hegemoni dominan. Hal ini cukup menjelaskan bahwa informasi yang diberikan oleh Parentalk berarti dimaknai sama dan sejalan dengan khalayak. Ditemukan juga bahwa khalayak memang aktif dalam mengkonsumsi informasi yang disajikan media. Aktif di sini maksudnya adalah bahwa khalayak memiliki kuasa dalam memilih media yang dipakainya untuk mengakses informasi. Berdasarkan hasil wawancara, informan memiliki preferensinya sendiri ketika mencari informasi terkait pola asuh anak (parenting). Saluran komunikasi yang umumnya digunakan oleh informan adalah Instagram, internet, orangtua, dokter, dan juga suami.

 

Keywords


Millennial Parenting; Parentalk; Penerimaan Khalayak; Pola Asuh; Resepsi

Full Text:

PDF

References


Adawiah, Rabiatul. 2017. "Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi Pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan)." Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 7 (1): 33-48. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/3534

During, Simon. 1999. The Cultural Studies: Second Edition. London: Routledge.

Eka, Randi. 2017. “Parentalk merupakan media yang berfokus pada konten untuk orang tua millennial.” Dailysocial.id. https://dailysocial.id/post/parentalk-menerima-pendanaan-awal-dari-emera-kapital

Hildayani, Rini. 2018. Millennial Parenting dan Peranannya Terhadap Kesehatan Pencernaan. UI Publishing, pp. 298-315.

Hurlock, E.B. 1999. Chlid Development Jilid II, terjemahan Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Jakpat. 2018. "Digital Parenting: The Habit of Online Information Seeking." Blog.jakpat.net. https://blog.jakpat.net/digital-parenting/

Lisa, Warda dan Asagaya Astuti. 2018. “Perbedaan Pengasuhan Berkesadaran pada Orang Tua Milenial.” Jurnal Psikologi 11 (1): 60-71.

https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/2074

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nrchealth.com. 2017. "Millennial Parents: Challenging Conventional Expectations of Pediatric Care." Nebraska. https://nrchealth.com/resource/challenging-convention-millennial-parents-expectations-pediatric-care/.

Wets, Richard dan Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: 10.24235/orasi.v11i1.6339

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Orasi indexed by:


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.