ANALISIS DAYA DUKUNG LABORATORIUM IPA-BIOLOGI DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MA NURUL HIKMAH HAURGEULIS

Rosdiana Rosdiana(1), Emah Khuzaemah(2), Ria Yulia Gloria(3*),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran biologi merupakan bidang yang mengkaji fakta-fakta empiris yang ada di alam, sehingga untuk mempelajarinya harus melalui pengkajian di laboratorium yang didesain sebagai miniature alam. Sedangkan pembelajaran biologi dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) berorientasi pada siswa dan menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung sehingga siswa dapat berperan aktif dalam proses blajar mengajar. Oleh karena itu perlu analisis daya dukung laboratorium IPA-Biologi, dengan tujuan (1) untuk mengetahui daya dukung laboratorium IPA- biologi dalam menunjang pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada pembelajaran biologi (2) untuk mengetahui pemanfaatan daya dukung laboratorium IPA- biologi dalam menunjang pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada pembelajaran biologi menurut tanggapan guru. (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran biologi dengan daya dukung laboratorium IPA-biologi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh dan dianalisis dengan menggunakan tahapan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan KTSP dalam pembelajaran biologi dengan daya dukung laboratorium IPA-biologi di MA Nurul Hikmah Haurgeulis terlaksana dengan cukup baik yaitu sebesar 59,8% yang diperoleh dari angket. Hasil observasi tentang daya dukung laboratorium IPA-biologi nilai rata-rata kolektif yang didapatkan adalah 60%, nilai tersebut dikategorikan kedalam kriteria cukup baik.


Kata kunci: Pelaksanaan KTPS, laboratorium


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

. 2010 cet. 4. Evalusi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. 2012. Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Decaprio, Richard. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Hamalik, Oemar. 2008. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Iskandar, Tajudin. 2002. Panduan Pengelolaan Laboratorium Biologi. Bandung: FMIPA UPI.Koesmadji, Wirjosoemarto, et.al. 2000. Teknik Laboratorium. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI.

Luthfi, Sigit. 2011. “http://library.walisongo.ac.id/digilib/download.php?id=20163” Diakses, Sabtu, 23/02/2013. Dipublikasikan.

Moeleong, Lexy j. 1997. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Mansur. 2007. KTSP Dasar Pemahaman Dan Pengembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muhsin, Lubis, dkk. 1994, Pengelolaan Laboratorium IPA, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Muis, Abdul. 2003. Tesis Tingkat Kesiapan dan Pendayagunaan Laboratorium IPA dalam Menunjang Pembelajaran IPA (Studi eksplorasi SLTP Negeri Di Kota Kendari). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rustaman, Nuryani, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: IKIP Malang.

Subiyanto, 1990. Cet. 2. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Alam. Malang: IKIP Malang.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabet.

Suraya HR, dkk, 1988. Pedoman Penggunaan Laboratorium IPA SMTP-SMTA. Jakarta: Penerbit Bharata.

Tim Redaksi Nuansa Aulia, 2010. Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Nuansa Aulia.

Ta’mirul Baeti. 2011. “http://library.walisongo.ac.id/digilib/download.php?id=21040. Diakses, Rabu, 20/02/2013. Dipublikasikan.




DOI: 10.24235/sc.educatia.v5i1.1269

Article Metrics

Abstract view : 804 times
PDF - 1189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia indexed by:

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)