UJI VALIDITAS MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS IX SMP

Rona Taula Sari(1*),


(1) Universitas Bung Hatta
(*) Corresponding Author

Abstract


Learners are having difficulties on building and compiling the knowledge and skills inside them in order to improve conceptual consistency. Through module of constructivism, students are hoped to understand the concept based on their background knowledge. This study aims to determine the validity of constructivism modules that have been developed. This development research uses descriptive 3-D model. The research data was obtained from validation questionnaire test by validator consisting of three lecturers of biology and three biology’s teachers of SMP Sabbihisma Padang. Data analyzed through percentage technique and processed descriptively. The result of the validity test that tested by the validator showed the average value of 3.70 in a very valid category. It can be concluded that the constructivism module on human reproduction system is very valid in terms of didactic, construction and engineering.

Peserta didik sulit membangun dan menyusun pengetahuan serta keterampilan yang ada dalam dirinya untuk meningkatkan konsistensi konseptual. Melalui modul pembelajaran konstruktivisme siswa dapat memahami konsep berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas modul konstruktivisme yang telah dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 3–D yang bersifat deskriptif. Data penelitian diperoleh dari analisis angket uji validitas oleh validator yang terdiri dari tiga orang dosen biologi dan tiga orang guru biologi di SMP Sabbihisma Padang. Analisis data dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas modul konstruktivisme yang dinilai validator memperoleh nilai rata-rata 3.70 pada kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa modul konstruktivisme pada materi sistem reproduksi manusia yang telah dihasilkan sangat valid ditinjau dari didaktik, konstruksi dan teknik.


Keywords


Module Biology Learning, Constructivism Validity; Modul Pembelajaran Biologi, Pendekatan Konstuktivisme, Validitas

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Wali Pers.

BSNP. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru, Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Idellisa, R. 2017. Uji Validitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstektual Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Bio-Edu 1.2017 STKIP PGRI Sumatera Barat.

Lufri. 2006. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.

Muliyardi. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Komik di Kelas I Sekolah Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurlatipah, N. Juanda, A. dan Maryuningsih, Y. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains Vol. 5 (2015)

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif : Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.

Rakhmawati, S. Muspiroh, N. dan Azmi1, N. 2016. Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X Di SMA Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains Vol. 5 (2016) No. 2: 156-164

Rahmaniati, E. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Motivasional Dengan Permainan Kartu Bertema Protista Pada Siswa kelas X SMA. JPMIPA Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. Vol 7 No 2 Juli 2016. ISSN 2086-0234.

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2011. Seri Manajemen Sekolah Bermutu, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rustaman. 2007. Strategi Belajar Mengajar Biologi Common Text Book Edisi Revisi. Jakarta : Universitas Negeri Indonesia

Sari, R.T. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA SMK. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Menara Ilmu, Vol III No. 46, Mar 2014 ISSN 1693-2617.

Subekti, H. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains SMP Berorientasi Pendidikan Karakter Dengan Model Kooperatif Pada Materi Sensitivitas Indra Peraba: Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010.

Sudjana, N. dan Rivai, A. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suparti. 2016. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Gallery Walk Dalam Pembelajaran Konsep Kelistrikan. Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains Vol. 5 (2016) No. 2: 99-104.

Tendrita, M. Safilu. Parrakasi. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Biologi dengan Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari. Varia Pendidikan Kajian Penelitian Pendidikan. Vol 28 No 2 Desember 2016. ISSN 0852-0976.

Titin dan Dara, E.N. 2016. Penyusunan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. Vol 7. No. 1 Janauari 2016. ISSN 2086-0234.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Zulyetti, D. 2011. Pengembangan Buku Penuntun Pratikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMA Kelas XI. Tesis. Padang: Universitas Negeri Padang.




DOI: 10.24235/sc.educatia.v6i1.1296

Article Metrics

Abstract view : 715 times
PDF - 783 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia indexed by:

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. 

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)