GRAPHIC ORGANIZERS DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI

Asep Mulyani(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Graphic Organizers merupakan bahasa nonteks yang berfungsi sebagai alat yang digunakan dalam pembelajaran. Visualisasi yang digunakan dalam pembelajaran untuk memudahkan siswa dan guru dalam proses belajar dan pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar dan memudahkan siswa dalam memahami suatu konsep tertentu. Guru dapat menyampaikan materi secara efektif dan efisien karena penyampaiannya dibantu dengan alat visualisasi berupa graphic organizers. Pembelajaran biologi yang menggunakan graphic organizers memberikan kemudahan bagi guru dalam menjelaskan dan memahamkan materi-materi biologi yang abstrak dan kompleks. Siswa akan mendapatkan kemudahan dalam memahami materi yang kompleks karena penjelasan materi dibantu dengan visualisasi yang memudahkan siswa dalam mengingat dan memahami materi tersebut. Graphic organizers merupakan suatu alat bantu dalam belajar dan pembelajaran yang sangat efektif dan efisien. Kata Kunci: Graphic organizers, belajar, pembelajaran biologi

Full Text:

PDF

References


Bromley, K., De-Vitis, L., & Modlo, M. (1995). Teaching Strategies Graphic Organizers. New York: Scholastic Inc.

Manoli, P. & Papadopulou, M. (2012). Graphic Organizers as a Reading Strategy: Research Findings dan Issues. Creative Education, 3(3), 348-356.

Marzano, R. J. (2007). The Art and Science of Teaching; A Comprehensive Framework For Effective Instruction. Alexandria: ASCD.

Marzano, R. J. & Kendall, J. S. (2080). Designing & Assesing Educational Objectives; Applying the New Taxonomy. California: Corwin Press.

McKnight, K. S. (2013) The Elementary Teacher’s Big Book of Graphic Organizers: 100+ Ready-to-Use Organizers that Help Kids Learn Language Arts, Science, Social Studies, and More!.

San Fransisco: John Wiley & Sons, Inc. Orlich, D. C., Harder, R. J., Callahan, R. C., Trevisan, M. S. & Brown, A. H. (2010). Teaching Strategies, A Guide to Effective Instrruction, 9ed. Boston: Wadsworth Cengage Learning.

S hihusa, H. & Keraro, F. N. (2009). Using Advance Organizers to Enhance Students’ Motivation in Learning Biology. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 5(4), 413-420.

Tsui, C. & Treagust, D. F. (2013). Introduction to Multiple Representations: Their Importance in Biology and Biological education. In Tsui, C. & Treagust, D. F. (Ed.), Multiple Representations in Biological Education(pp. 3-18). London: Springer.

http://www.cisco.com/web/strategy/docs/education/Multimodal-Learning-Through-Media.pdf. Tersedia online: diunduh 20 Agustus 2013




DOI: 10.24235/sc.educatia.v3i2.542

Article Metrics

Abstract view : 1031 times
PDF - 1162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)