Pengembangan Modul Pembelajaran Statistika Data Tunggal Menggunakan Aplikasi Maple

Muhamad Ali Misri(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam suatu proses pembelajaran secara umum media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran masih menggunakan lembar kerja siswa dan bahan ajar yang digunakan oleh siswa hanya sebatas dari buku paket yang ada di perpustakaan saja. Di sisi lain, sarana dan prasarana kegiatan pembelajaran seperti laboraturium yang dimiliki sekolah sudah ada, tetapi jarang sekali dipergunakan untuk proses pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Selain itu, motivasi belajar matematika siswa masih kurang dan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran statistika data tunggal menggunakan aplikasi Maple. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket respon siswa dan angket motivasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development menurut Sugiyono dengan subjek sebesar 43 siswa kelas XI SMK Islamic Centre Cirebon. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan peneliti yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi ahli; 5) revisi desain produk; 6) uji pemakaian terbatas; 7) kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul mendapat penilaian layak dari ahli media sebesar 100% dan dari ahli materi sebesar 86,9%. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan modul pembelajaran statistika data tunggal menggunakan aplikasi Maple sebesar 72% dengan kriteria kuat. Pengembangan modul pembelajaran statistika data tunggal menggunakan aplikasi Maple ini efektif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI di SMK Islamic Centre Cirebon. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 4,522 lebih besar dari nilai ttabel = 1,9944.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdillah, C., Supandi, & Buchori, A. (2014). Pengembangan Media CD Interaktif Berbasis Maple dengan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Viisual And Intellectual (SAVI) Pada Materi Limit Fungsi.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

E. Klima, R., Sigmon, N., & Stitzinger, E. (1999). Applications of Abstract Algebra with MAPLE Applications of Abstract Algebra with MAPLE. Boca Raton London New York Washington, D.C.: CRC Press.

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2010). Strategi Belajar Mengajar: strategi mewujudkan pembelajaran bermakna melalui penanaman konsep umum & islami. Bandung: PT. Refika Aditama.

Fauzi, A. (2015). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: K-Media.

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Purwamto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Pustekkom Depdiknas.

Puspadewi, K. R., & Atmaja, I. M. D. (2015). Pemanfaatan Program Aplikasi Maple Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Kalkulus 1, 04(01), 40–48.

Qodariyah, E., & Ismai, A. D. (2012). PEMBELAJARAN KALKULUS DENGAN BANTUAN MAPLE Erwin, 8(September), 144–154.

Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. (Y. S. Hayati, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pemdekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, B. H. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF - 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.