Orientasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam Kurikulum 2013 Perspektif Thomas Lickona

Anisatul Azizah(1*), Muslihudin Muslihudin(2), Suteja Suteja(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Seorang filsuf Yunani bernama Aristoteles mendefinisikan karakter yang baik sebagai kehidupan dengan melakukan tindakan-tindakan yang benar sehubungan dengan diri seseorang dan orang lain. Kehidupan yang berbudi luhur termasuk kebaikan yang berorientasi pada diri sendiri (kontrol diri) sebagaimana halnya dengan kebaikan yang berorientasi pada hal lainnya (kemurahan hati dan belas kasihan), dan kedua jenis kebaikan ini saling berhubungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter perspektif Thomas Lickona, mengetahui konsep Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 dan mengetahui Perspektif Thomas Lickona dalam Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter menurut Thomas Lickona, memiliki tiga komponen karakter yang saling berhubungan: pengetahuan moral, perasaan moral, dan perilaku moral. Pendidikan karakter menurut Thomas Lickona dan dalam kurikulum 2013 mempunyai relevansi, dalam standar isi yang membahas sikap, tertuang dalam KI-1 yakni tentang spiritual dan KI-2 tentang sosial, dan  dalam Kompetensi Dasar (KD). KD pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X, XI dan XII dalam Kurikulum 2013, Komponen dan KD yang menunjukkan keselarasan antara Thomas Lickona dengan Kurikulum 2013 yakni, pengetahuan moral: menghayati, perasaan moral: meyakini, dan tindakan moral: menunjukkan sikap hormat, jujur.

Kata Kunci : Orientasi, Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter: Kontruktivisme dan VCT sebagai inovasi pendekatan pembelajaran afektif cet. 3. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Aqib, Zainal. 2015. Pendidikan Karakter di Sekolah Membangun Karakter dan Kepribadian Anak. Cet.2. Bandung: Yrama Widya.

Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aziz, Abdul. 2001. Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Bisri, Cik Hasan. 1998. Penentuan Susunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi Bidang Agama Islam. Bandung: Logos.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Cet.2. Bandung: Remaja Rosdakarya

Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan karakter strategi mendidik anak secara global. Jakarta: Grasindo.

Koesoema, Doni. 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar: Buku Teks Pelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena

Lickona, Thomas. 2012. Cet-2. Educating For Character “Mendidik Untuk Karakter”. Terj. Juma. Jakarta: Bumi Aksara

Character Matters “Persoalan Karakter”. Terj. Juma dan Jean Jakarta: Bumi Aksara

Moleong, Lexy J, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter. Cet.4. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa. 2009. Kurikulum yang disempurnakan: Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Cet. 3. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2014. Pendidikan Karakter : Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Cet.4 . Jakarta: bumi aksara

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Pidarta, Made. 2009. Cet-2. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Reksoatmodjo, Tedji Narsoyo. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan: Teknologi dan Kejuruan. Bandung: Refika Aditama.

Rusma. 2012. Manajemen KUrikulum. Cet.4. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sadiman, Arief S. dkk. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Cet. 16. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama

Sanjaya, Wina. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Cet.5. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Suharsaputra, Uhar. 2013. Menjadi Guru Berkarakter. Bandung: Refika Aditama.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Cet. 18. Bandung: Remaja Rosdakarya

Taqiyuddin. 2005. Pendidikan Untuk Semua “Dasar dan Falsafah Pendidikan Luar Sekolah. Cirebon: Dimensi Production.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. 2012. Cet-2. Bandung: Fokusindo Mandiri

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Cet.3. Jakarta: Kencana media group.

Zuchdi, Darmiyati. 2009. Cet-2. Humanisasi Pendidikan “menemukan kembali pendidikan yang manusiawi”. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: 10.24235/tarbawi.v1i2.1231

Article Metrics

Abstract view : 1054 times
PDF - 900 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anisatul Azizah, Muslihudin Muslihudin, Suteja Suteja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This website work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
E-ISSN 2580-6505 | P-ISSN 2407-6805
Copyright ©2023 Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia