TINJAUAN HUKUM EKONOMI ISLAM TERHADAP PRAKTEK ARISAN ONLINE DI KOTA JAYAPURA

Siti Qamariah Tiflen(1*),


(1) Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktek arisan online di Kota jayapura karena diindikasikan terdapat beberapa penyimpangan yang terjadi terutama pada sistem arisan online yang selama ini dipakai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan pendekatan studi kasus terkait dengan masalah yang terjadi pada praktek arisan online yang terjadi di Kota jayapura ditinjau dari perspektif hukum ekonomi Islam. Dari hasil penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa arisan online di Kota jayapura mengandung unsur wakâlah  namun terdapat ketidak sesuaian antara praktek arisan online yang terjadi di Kota jayapura dengan hukum ekonomi Islam (qardh dan wakâlah) karena adanya ketidakpastian ( gharar), taruhan (maysir) dan tambahan dalam utang piutang yang  dalam  istilah Fiqh muamalah dikenal dengan riba dayn. Oleh karena itu penulis menyarankan agar kedua sistem tersebut segera dihapus dan digantikan dengan sistem sesuai dengan hukum ekonomi Islam.

Kata Kunci: Hukum Ekonomi Islam, Arisan Online, dan Wakalah Bil Ujrah

Full Text:

PDF

References


Abdullah bin Abdulaziz Ali Jibrin. (1998) Jam’iyyah al-Muwadzdzafin (Al-Qardh at-Ta’awuni, cet. 1. Bairut: Dar al-Alam al-Fawaid.

Abdullah bin Muhammad Ath-thayyar, dkk. (2009). Ensiklopedia Fiqh Muamalah dalam Pandangan 4 Madzhab, terj. Miftahul Khairi. Yogyakarta: Maktabah Al-Hanif.

Az-Zuhaili, Wahbah. (2011). Fiqh Islam wa Adillatuhu. Cet. Ke-1. penerjemah. Abdul Hayyie al-Kattani, et al. Jakarta : Gema Insani.

Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. (2010). Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional jilid 2. Jakarta: Gaung Persada Press.

Dib Al-Bugha, Musthafa. (2009). Fiqh Al- Mu’awadhah. Damaskus: Darul Musthafa.

Fiandika, Egie Alifsa. (2013). “Arisan Sebagai Media Interaksi Sosial Antar Mahasiswa Pendatang di Nitikan Umbulharjo Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Jawarta. (2015). “Bisnis Arisan Motor Sistem Lelang Merupakan Subsidi Silang Antar Anggota”. Jurnal Orbith Vol. 11, No. 3, November.

Karim, Adiwarman A. dan Oni Sahroni. (2015). Riba, Gharar dan Kaidah-kaidah Ekonomi Syariah: Analisis Fikih & Ekonomi. Cet. Ke-1. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Prihantari, Irma. (2010). “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Arisan Sepeda Motor “Paguyuban Agung Rejeki” di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2009”, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Syari’ah UIN Sunan Kalijaga.

Rozalinda. (2016). Fikih Ekonomi Syariah: Prinsip dan Implementasi pada Sektor Keuangan syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rukhaniyah. (2017). “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Arisan Sistem Gugur di BMT Ummat Sejahtera Abadi (USA) Jepara”. Jurnal Isti’dal Vol. 4, No. 1, Juni.

Saad Al Khatslan. (2010). Fiqh Muamalat Maliyyah Muashirah cet. ke-2. Riyadh : Dar Shumai’.

Sâbiq, Muhammad Sayid. (2014). Fiqhu al-Sunnah Jilid ke-4 Penerjemah Ahmad Cornish Creativa (ACC). Depok: Fthan Media Prima.

Salsabiila. (2010). “Pelaksanaan Perjanjian Arisan Sepeda Motor Antara Paguyuban Arisan Sepeda Motor “Sumberagung” Gelombang I dengan Peserta Arisan Sepeda Motor”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada.

Santoso, Adityo. (2012). “Pelaksanaan Perjanjian Arisan Mobil Daihatsu Xenia di CV. Mandiri Konstiti Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada.

Syihabuddin Abu al-Abbas Ahmad bin Salamah al-Qalyubi al-Mishri. (2008). Hasyiyah al-Qalyubi ala Syarh al-Mahalli’ala Minhaj al-Thalibin. Maktabah al Taufikiya: Kairo.

Taimiyah, Ibnu. (1980). Majmu’ah al-Fatawa jilid 32. Beirut: Darul Fikr.

Tarmizi, Erwandi. (2017). Harta Haram Muamalat Kontemporer Cet ke-15. Bogor: PT. Berkat Mulia Insani.

Zaidan, Abdul Karim. (2008). Pengantar Studi Syariah. Jakarta: Robani Press.




DOI: 10.24235/jm.v6i1.6773

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Mustashfa Indexed by:


Reference Management Tool


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats