ROUTINIZED RESPON, HABITS DAN BASIC NEEDS: FAKTOR DOMINAN YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN MEMILIH BANK SYARIAH

rita kusumadewi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

            Bagi beberapa masyarakat, bank syariah merupakan alternatif dari sistem perbankan konvensional dan merupakan pilihan yang aman untuk melakukan transaksi perbankan karena berdasarkan syariat islam yang membawa kebaikan bagi nasabah. Namun bagi beberapa orang masih berpendapat bahwa bank syariah tidak jauh berbeda dengan bank konvensional dalam pengoperasian jasa keuangan yang ditawarkannya. Beberapa perbedaan persepsi tersebut menunjukkan adanya faktor dominan yang memengaruhi nasabah dalam berperilaku dan mengambil keputusan dalam memilih bank mana yang akan digunakan jasanya. Faktor routinezed respon, habit dan basic needs akan digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini dan dicari faktor mana yang paling dominan dari ketiga faktor tersebut yang memengaruhi nasabah memilih bank syariah di Kota dan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilakukan pada 100 orang nasabah bank syariah yang ada di kota dan kabupaten Cirebon. Dan diperoleh hasil bahwa diantara faktor routinized respon, habit dan basic needs, yang paling dominan memengaruhi keputusan seseorang memilih bank syariah adalah faktor routinized respon.  Dimana konsumen memilih bank syariah sebagai respon dari aktivitas rutin setiap hari yang sesuai dengan syariat islam.

Kata kunci: Bank syariah,  Routinezed respon, Habit, Basic needs.

 

Abstract 

 

For some people in community, sharia bank is one of the alternative of conventional banking system and also a safe choice for banking transaction based on Islamic sharia which brings goodness for customers. But some other people still think that  sharia bank not too different to  conventional bank in financing operation services. That  perceived differences shows that there is  a dominant factor which influencing customers behaviour and their decision making in chooing which bank that will be choose. Routinezed  respon, habit and basic needs factors will be use in this research and will be find which factors is dominant than others that influencing customers decision in choosing sharia bank in Cirebon. These research using 100 responden as a customers of sharia bank. And the result shows that between  routinezed respon, habit and basic needs, the most dominant factor are routinized respon. Which means that customers choosing sharia bank as a respons from their everyday routine activity which fits with Islamic sharia.

Keywords: Sharia Bank, Routinezed respon, Habit, Basic needs.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Danang Sunyoto. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran: Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen. CAPS: Yogyakarta.

Donald R Cooper dan Pamela S Schindler. 2006. Marketing Research. McGraw-Hill/Irwin. International Edition.

Drs.Muhamad, M. Ag. 2002. Manajemen Bank Syari’ah. AMPYKPN: Yogyakarta

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis, Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. ANDI: Yogyakarta.

Herry Sutanto dan Khaerul Umam. 2013. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Pustaka Setia: Bandung

Ika Yuanita dan Nurhayati. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah di Kota Padang. Jurnal Ekonomi STIE Haji Agus Salim Bukittinggi Vol.XIV No.2 September 2013.

Ikrima Nailul Sari. 2010. Faktor-faktor yang memepengaruhi nasabah memilih Bank Muamalat Cabang Batam Tahun 2009-2010. Jurnal Fakultas Ekonomi Univeristas Islam Indonesia Yogyakarta.

Kotler, Phillip. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jilid 2. Pearson Education Asia Pte. Ltd dan PT. Prenhallindo: Jakarta.

M.Sholahuddin, S.E., M.Si., 2006. Lembaga Ekonomi dan Keuangan Islam. Muhammadiyah University Press: Surakarta.

Mustakim Muchlis. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nasabah dalam Memilih Bank (Bank Syariah vs Bank Konvensional). ASSETS Vol.3 No.1 Tahun 2013.

Ujang Sumarwan, Aditya Galih Prihartono, Antonius W. Sumarlin, Desi Albert Mamahit, Eri Purnomohadi, Judianto Hasan, Muchlis Ahmady, Ririn Wulandari dan Tubagus Haryono. 2012. Riset dan Pemasaran Konsumen, Seri 2. PT. Penerbit IPB Press: Bogor.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.




DOI: 10.24235/amwal.v8i1.662

Article Metrics

Abstract view : 456 times
PDF - 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Al Amwal Indexed by:

          

 

 

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.-->View My Stats