DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK

Jaja Suteja(1*), Yusriah Yusriah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Orang tua sebagai pendidik pertama, mempunyai kewajiban membimbing, melindungi serta membesarkan anak. Keberadaan orang tua sangatlah penting, sehingga peran orang tua merupakan dasar pertama dalam pembentukan pribadi anak. Upaya tersebut dapat terwujud apabila orang tua menerapkan pola asuh yang tepat, karena pola asuh yang diberikan kepada anak akan mempengerahui pekembangan sosial-emosional anak. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman orang tua yang lebih terhadap perkembangan sosial-emosional anak, agar perkembangan sosial-emosional anak berkembang baik dan diterima dilingkungan masyarakat.

Hasilpembahasan ini menunjukkan bahwa terdapat  tiga tipe pola asuh yang diterapkan orang tua di dalam mendidik anak yaitu demokratis, otoriter dan permisif. Ketiga pola asuh tersebut memiliki dampak yang berbeda terhadap perkembangan sosial-emosional anak. perbedaan tersebut ialah pola asuh demokratis lebih banyak memiliki dampak positif, sedangkan pola asuh otoriter dan permisif lebih banyak memiliki dampak yang negatif. Sehingga disarankan agar orang tua memimbing anak dengan pola asuh demokratis.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. 2004. “PsikologiBelajar”. Jakarta :RinekaCipta.

Ahmad Susanto. 2011. “PerkembanganAnakUsiaDini”.Jakarta :Prenada Media Group.

Alex Sobur. 2013. “PsikologiUmum”. Bandung :PustakaSetia.

Aliah Rasyid Baswedan. 2015. “Wanita, Karir dan Pendidikan Anak”. Yogyakarta : Ilmu Giri.

Bunda Novi. 2015. “Cara-cara Mengasuh Anak Yang Sering Diabaikan Orang Tua”. Yogyakarta : Flash Books

Departemen Agama Ri. 2006. “Al-Qur’an TerjemahBahasa Indonesia”. Kudus :Menara Kudus.

Desmita. 2013. “Psikologi Perkembangan”. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Elizabeth B. Hurlock. 1978.“Perkembangan Anak Jilid I Edisi Keenam”. PT Gelora Aksara

Elizabeth B. Hurlock. 1978.“Perkembangan Anak Jilid II Edisi Keenam”. PT Gelora Aksara

Iriani Indri Hapsari. 2016.“Psikologi Perkembangan Anak”. Jakarta : PT Indeks.

MuazarHabibi. 2015. “AnalisisKebutuhanAnakUsiaDini”. Yogyakarta :Deepublish.

Moh. Shochib. 2010. “Pola Asuh Orang Tua (Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disilin Diri Sebagai Pribadi Yang Berkarakter”. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Rifa Hidayah. 2009. “PsikologiPengasuhanAnak”. Malang : Uin-Malang Press.

Singgih D. Gunarsa. 2014. “DasardanTeoriPerkembanganAnak”. Jakarta :BpkGunungMulia.

Sri Lestari. 2013. “Psikologi Keluarga”. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sugihartono, dkk. 2007. “Psikologi Pendidikan”. Yogyakarta : UNY Press

Syamsu Yusuf. 2012. “PsikologiPerkembanganAnak Dan Remaja”. Bandung : PT RemajaRosdakarya.

Tony Setiabudi & Hardywinoto. 2003.“AnakUnggulBerotak Prima”. Jakarta : PT GramediaPustakaUtama.

Wiwit Wahyuning, Dkk. 2003.“Mengkomunikasikan Moral KepadaAnak”. Jakarta :Elex Media Komputindo.




DOI: 10.24235/awlady.v3i1.1331

Article Metrics

Abstract view : 3382 times
PDF - 708 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here