ANALISIS TAHAPAN MENULIS DAN STIMULASI ANAK KELOMPOK B-1 TK ISLAM ASSAADAH LIMO DEPOK

Ana Widyastuti(1*),


(1) Indraprasta PGRI University
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Anak usia dini mulai mengenal diri lingkungannya merupakan masa keemasan atau yang biasa disebut dengan “golden age”. Masa usia dini merupakan masa proses berlangsungnya pendidikan, yakni sejak usia anak dalam kandungan , masa bayi hingga anak berusia delapan tahun. Masa inilah masa dimana lingkungan memberikan rangsangan positif. Lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah sangat berperan penting. Stimulasi-stimulasi yang positif sangat diperlukan agar anak usia dini memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Aspek-aspek yang perlu distimulasi sangat banyak. Salah satu diantaranya adalah kemampuan berbahasa.. Banyaknya keluhan dari guru yang siswanya berada pada tahap perkembangan  menulis tidak seperti yang diharapkan.  Artinya,  tahapan perkembangan menulis anak belum dapat berkembang dengan optimal..Tujuan dari penelitian ini ialah mengobservasi sejauhmana proses tahapan menulis pada anak TK khususnya kelompok B-1 yang berusia 5- 6 tahun, menganalisis sesuai tahapan perkembangan menulis pada anak serta stimulasi tepat yang dilakukan guru guna mengoptimalkan kemampuan menulis anak. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif berupaya untuk mengungkapkan gejala permasalahan sesuai dengan konteksnya dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Berdasarkan pengetahuan, kepekaan, kecermatan, dan kekritisannya, peneliti mencari, menggali, menelaah, dan menyimpulkan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah hasil karya anak berupa tahapan perkembangan menulis anak kelompok B berjumlah 15. Hasil peneltian yaitu pada tahap perkembangan menulis dari 15 anak, kurang=2 anak, cukup=8 anak, baik=4 anak, sangat baik=1 anak, Stimulasi diberikan sesuai dengan hasil tersebut.

 

Kata Kunci: tahapan menulis, stimulasi, kelompok B

 

 


Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/awlady.v3i2.1533

Article Metrics

Abstract view : 664 times
PDF - 2123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here