PENERAPAN PEMBELAJARAN BILINGUAL (DWI BAHASA) DI TK INKLUSI (STUDI KASUS DI TK ABABIL, KOTA PANGKALPINANG)

Ria Astuti(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Fenomena bilingual pada anak usia dini sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari sebagai antisipasi dari persaingan global. Anak yang diberikan pembelajaran bilingual sejak dini akan mampu bersaing dengan dunia luar dikarenakan bisa mempelajari kebudayaan luar yang notabene menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran bilingual pada anak usia dini. (2)Pendidikan Inklusif bagi Anak Usia Dini. (3)Pembelajaran bilingual (dwi bahasa) di TK Ababil Kota Pangkalpinang.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek dilakukan sesuai dengan kebutuhan peneliti. Subjek penelitian ini adalah Kepala Yayasan TK Ababil, Kepala Pengelola TK Ababil, guru kelas, perilaku peserta didik, dan orang tua.Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi,wawancara, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman selama berada di lapangan. Aktivitas dalam analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap anak mampu mengembangkan bahasa secara alami. Namun, pengembangan bahasa juga dipengaruhi oleh orang tua, lingkungan dan dunia pendidikan, terutama dalam pembelajaran dua bahasa (bilingual).Pembelajaran bilingual pada anak usia dini tidak boleh dengan paksaan dan harus dilakukan dengan kegiatan yang menyenangkan seperti, bernyanyi, bermain, dan pembiasaan. Adapun pembelajaran bilingual di TK Ababil yang merupakan salah satu TK inklusi di kota Pangkalpinang memberikan hak dan kesempatan belajar yang sama pada anak berkebutuhan khusus (disabilitas) karena sekolah ini memandang setiap anak unik dan memiliki kecerdasan yang berbeda-beda.

Kata Kunci: Bilingual


Keywords


perkembangan bahasa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Artini, Luh Putu, dan Putu Kerti Nitiasih, Bilingualisme dan Pendidikan Bilingual, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Hasan, M. Iqbal, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor: Ghali Indonesia, 2002.

Keraf,Groys, Komposisi, Semarang: Bina Putera, 2004.

Konsorsium Sertifikasi Guru, Modul PLPG PAUD, Jakarta: tp, 2013.

Morrison, George S., Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, terj., Jakarta: PT. Indeks, 2012.

Mu’adalah, “Peran Lingkungan terhadap Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini”, Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol 1, Januari-Juni 2013.

Rachmana, Yanrisca Sany dan Meita Santi Budiani, “Perilaku Sosial pada Anak Usia Dini yang Mendapat Pembelajaran Bilingual”, Jurnal Character, Volume 1 No 03 Tahun 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sukmadina, Nana Syaodih, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006), hlm. 18.

Tim Penyusun, Pedoman Skripsi Jurusan Tarbiyah, Bangka Belitung: Shidik Press, Penerbit Belukar, 2011.

Wardani, Komang Yuli Trisna, I Wayan Koyan, dan I Nyoman Wirya, “Penerapan Metode Bilingual Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Kelompok B2 di TK Saiwa Dharma Singaraja”, https://id.scribd.com/doc/189298355/Perilaku-Sosial-Pada-Anak-Usia-Dini-yang-Mendapat-Pembelajaran-Bilingual, diakses pada tanggal 1 Juni 2016.




DOI: 10.24235/awlady.v3i2.1540

Article Metrics

Abstract view : 1007 times
PDF - 1830 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here