MANAJEMEN PROGRAM KEGIATAN PAUD BERBASIS OTAK KANAN

Siswadi Siswadi(1*), Novan Ardy Wiyani(2),


(1) iain purwokerto
(2) IAIN Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang ditujukan untuk mendapatkan derskripsi tentang manajemen program kegiatan PAUD berbasis otak kanan di TK Khalifah Purwokerto. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa optimalisasi pengembangan otak kanan pada anak usia dini di TK Khalifah Purwokerto dilakukan melalui internalisasi nilai tauhid dan entrepreneur pada anak usia dini. Pembelajaran tematik dan pembiasaan menjadi program kegiatan PAUD yang dijadikan sebagai media internalisasi nilai tauhid dan entrepreneur. Untuk memastikan proses internalisasi nilai tauhid dan entrepreneur berlangsung dengan efektif dan efisien, maka dilakukanlah empat kegiatan manajerial, yaitu perencanaan program kegiatan PAUD berbasis otak kanan, pengorganisasian program kegiatan PAUD berbasis otak kanan, pelaksanaan program kegiatan PAUD berbasis otak kanan, dan penilaian program kegiatan PAUD berbasis otak kanan.


Keywords


manajemen, PAUD, tauhid, entrepreneur.

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Tips Sakti Membangun Organisasi Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

BM Wara Kushartanti, Optimalisasi Otak dalam Sistem Pendidikan Berperadaban, sumber http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131405898/Optimalisasi%20Otak%20Dalam%20Sistem%20Pendidikan%20Berperadaban.pdf

Kimani, Gerald Ngugi. tt. Educational Management. South Africa: African Virtual University.

Kurniasih, Imas. 2010. Mendidik SQ Anak Menurut Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta: Pustaka Marwa.

Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Masruroh, Ninik. 2014. Manajemen Inovasi Pembelajaran: Studi Multi Situs Penerapan Metode Sentra dan Lingkaran pada PAUD Unggulan Nasional Berbasis Islam di Tiga Kota Jawa Timur. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Muhammad, As’adi. 2009. Menghidupkan Otak Kanan Anak Anda. Yogyakarta: Powerbooks Publishing.

Mulyani, Novi. 2016. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Teras.

Mulyasa, E. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: Rosda.

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosda.

Musbikin, Imam. 2013. Menjadi Kepala Sekolah yang Hebat. Riau: Zanafa Publishing.

Ningsih, Tutuk. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press.

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Risaldy, Sabil. 2014. Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Jakarta: Luxima.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: Rosda.

Satibi, Otib. 2013. Pengembangan Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.

Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Rosda.

Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Rosda.

Suyadi. 2015. Cerdas dengan Spiritual Educational Games. Yogyakarta: Saufa.

Umiarso dan Imam Gojali. 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2013. Panduan PAUD: Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Referensi.




DOI: 10.24235/awlady.v4i1.2540

Article Metrics

Abstract view : 874 times
PDF - 974 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

50  

25

 

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.