STRATEGI EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN DI PAUD (STUDI KASUS PADA TK DI KOTA CIREBON)

Aip Saripudin(1*), Isnaeni Yuningsih Faujiah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

Learning strategy is one of the process of learning that the purpose of learning can achieved properly. In general commonly encountered learning in an PAUD institution who apply a concept education thrilling, unpleasant, even accompanied by attitude authoritarian to school tuition. This would have been totally no longer effective if seen than the results. Children educated by method and strategy this can be a generation by the tension, easy stress, and unable to solve problems in his life. One strategy can be used on learning in early childhood is edutainment strategy. One of the schools that has implemented learning with strategy edutainment is TK Pelangi Cirebon city. This Research used based on the qualitative descriptive. The objectives of research is described how edutainment strategy has been implemented on the PAUD with a focus on the planning aspect, the implementation as well as evaluation carried out. From the research , so obtained the data that strategy edutainment of which is used in PAUD is the various methods as a method of playing, method of story telling, method of sings, a method of role playing , the practice of direct and of computer use. Edutainment national access to justice strategy has been creates an atmosphere of learning to promote disorder to quality of being congenial, effective and more substantial.

Keywords: Edutainment, Strategy, Learning and Early Childhood.

 

Abstrak

Strategi pembelajaran merupakan salah satu jurus untuk melakukan proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik. Secara umum sering ditemui pembelajaran di lembaga PAUD yang menerapkan sebuah konsep pendidikan menegangkan, tidak menyenangkan, bahkan disertai dengan sikap otoriter kepada peserta didik. Hal ini tentu sudah tidak efektif lagi jika dilihat dari hasil yang dicapai. Sebab, anak yang dididik dengan metode dan strategi yang demikian justru akan menjadi generasi yang penuh dengan ketegangan, mudah stres, dan tidak mampu memecahkan masalah dalam kehidupannya. Salah satu strategi yang dapat digunakan pada pembelajaran anak usia dini saat ini adalah strategi edutainment. Salah satu sekolah yang telah menerapkan pembelajaran dengan strategi Edutainment adalah TK Pelangi Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif deskriptif. Adapun tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bagaimana strategi edutainment telah diimplementasikan pada sekolah tersebut dengan fokus pada aspek perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi. Dari hasil penelitian, maka diperoleh data bahwa strategi edutainment yang digunakan di sekolah tersebut menckup berbagai metode seperti metode bermain, metode bercerita, bernyanyi, metode bermain peran, praktek langsung dan pemanfaatan komputer. Strategi edutainment telah menciptakan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, efektif dan berbobot.

 

Kata Kunci: Strategi, Edutainment, Pembelajaran dan Anak Usia Dini.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asrori.(2008). Memahami dan Membantu Perkembangan Peserta Didik. Untan Press.

Dariyo, Agoes. (2011). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Refika Aditama.

Darmansyah.(2011). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Desmita.(2012). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Eveline Siregar & Hartini Nara.(2011). Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Fadillah, Muhammad. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Jakarta: Ar-ruzz Media.

Fadillah dkk. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Hadinoto, Siti Rahayu. (2014). Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hamid, Sholeh. (2014). Metode Edutainment.Jogyakarta: Diva Press

Hamruni.(2009). Edutainment dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hariyanto dan Suyono.(2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. PT Luxima Metro Media.

Idris, H Meity. (2014). Strategi Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media.

King, A Laura. (2010). Psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Moeslichatoen.(2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyasa.(2012). Manajemen PAUD.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono.(2012). Strategi Pembelajaran. Malang: UIN-MALIKI PRESS.

Pangastuti, Ratna. (2014). Edutainment PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Anak Usia Dini

Putra, Nusa. (2013). Penelitian Kualilatif PAUD. Depok: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono.(2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2014).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suyadi.(2010). Psikologi Belajar Anak.Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi.

Suyadi.(2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Mubibbin. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain.(2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Renika Cipta.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Prenada : Media Group.

Trianto. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini. Jakarta : KENCANA.

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Uno B, Hamzah. (2014). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Agustriana, Nesna. (2013). Pengaruh Metode Edutainment Dan Konsep Diri

Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta. Jurnal UNJ. http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/49. Diakses pada 18 Februari 2017.

Qurnialita, Aprilia Rizki. (2013). Penelitian Deskriptif Penerapan Konsep Edutainment dalam Pembelajaran Taman Kanak-kanak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 1 Sleman Yogyakarta. Skripsi UN Yogyakarta.http://eprints.uny.ac.id/15174/1/SKRIPSI%20.pdf. Diakses pada 18 Februari 2017.

Shidik, A Syukur Purnama. (2014). Efektivitas Metode Edutainment Belanbe (Belajar dan Bermain) dalam Pembelajaran Menulis Teks Tanggapan Deskriptif.Skripsi UPI Bandung.http://repository.upi.edu/14074/6/S_IND_0801139_Chapter3.pdf. Diakses pada 18 Februari 2017.




DOI: 10.24235/awlady.v4i1.2637

Article Metrics

Abstract view : 745 times
PDF - 2446 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

50  

25

 

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.