EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI HOLISTIK INTEGRATIF PADA SATUAN PAUD

Reza Aulia Akbar(1*),


(1) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif di satuan PAUD dan dilaksanakan di Kota Palembang. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah CIPP Model. Adapun teknik analisis data penelitian menggunakan pendekatan mixed methods, Concurrent Embedded Methods. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan 1) context evaluation menyatakan bahwa Penyelenggaraan layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif di satuan PAUD Kota Palembang belum memiliki landasan hukum yang kuat. Penyelenggaraan layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif di satuan PAUD merupakan solusi yang cukup responsive terhadap kebutuhan, 2) input evaluation menyatakan bahwa belum ada rancangan program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif yang jelas dari Pemkot mulai dari susunan kegiatan hingga evaluasi pelaksanaan di satuan PAUD, 3) process evaluation menyatakan bahwa dari seluruh aspek pelayanan, hanya Dinas Kesehatan melalui Puskesmas yang telah menjalankan fungsi sektoralnya, 4) product evaluation menyatakan bahwa penyelenggaraan program belum berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan program di satuan PAUD. Artinya, belum ada impact yang dapat diukur dari penyelenggaraan program. Dari hasil evaluasi peneliti merekomendasikan agar ada revisi terhadap penyelenggaraan program yang mengacu pada 1) Perda Kota Palembang; 2) Perpres No 60 Tahun 2013, dan 3) Permen No 59 Tahun 2009.

Kata Kunci : Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, PAUD, Evaluasi Program.


Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/awlady.v4i2.2703

Article Metrics

Abstract view : 360 times
PDF - 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

50  

25

 

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.