PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MENGENAL RASA MELALUI MEDIA BAHAN ALAM

Ifa aristia sandra ekayati(1), ifa aristia sandra ekayati(2), dwinika fitri ani(3*),


(1) universitas PGRI Ronggolawe
(2) Universitas PGRI Ronggolawe
(3) Universitas PGRI Ronggolawe
(*) Corresponding Author

Abstract


Karena masih kurangnya kemampuan keterampilan proses sains anak usia dini maka penulis akan melakukan penelitian dalam peningkatan keterampilan proses sains dalam mengenal rasa melalui media bahan alam. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains dalam mengenal rasa melalui media bahan alam pada anak usia 3-4 tahun. Bentuk penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media bahan alam. Diharapkan dengan meningkatkan keterampilan proses sains ini anak-anak dapat mengenal empat rasa primer yaitu asin, manis, asam, dan pahit melalui bahan alam yaitu garam dapur, gula aren, asam jawa dan pare

Keywords


keterampilan proses sains, rasa, bahan alam

Full Text:

PDF

References


Aji, Waluyo, dkk. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas IV SD N Tingkir Tengah 02. Jurnal Basicedu Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019 Halaman 47-52

Al Jazuly, Ayu Tsaqifa. 2016. Pengujian Karakteristik Dari 16 Array Sensor Lidah Elektronika Untuk Identifikasi Empat Rasa Dasar. Skripsi. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang

Amnie, Erlida, dkk. 2016. Pengaruh Keterampilan Proses Sains Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif, Dosen Pendidikan Fisika FKIP Unila

Budiarto, Hairil. 2019. Fortifikasi Garam Dengan Bawang Dayak Untuk Meningkatkan Nutrisi Garam Konsumsi. Jurnal Kelautan, Volume 12, No. 2

Budiyono, Agus. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika Vol. 4, No. 2

Ekayati, Ifa Aristia Sandra. (2015). Pengaruh permainan tradisional Gobag Sodor terhadap kecerdasan intrapersonal dan interpersonal pada anak usia dini. Didaktika, Vol.15 No.3 Desember 2015.

Handayani, B.T., Arifuddin, M., & Misbah. 2017. Meningkatkan Keterampilan Proses Melalui Model Guided Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 143-154

Huliyah, Muhiyatul. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-sibyan, vol.1, No.1 Tahun 2016

Khaeriyah, Eri, dkk. 2018. Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Awlady, Vol. 4, No. 2

Komikesari, Happy. 2016, Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Tradis: jurnal keguruan dan ilmu tarbiyah 01 (1) 15-22

Mulyantini, Ruth Dwi. 2016. Peningkatan Kemampuan Pengenalan Rasa Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK. Artikel Penelitian Universitas Tanjungpura Pontianak.

Mirawati. 2017. Meningkatkan keterampilan proses sains anak usia dini melalui aktivitas berkebun. Early chilhood Vol. 1 No. 1

Oktari, Vanni Miza. 2017. Pengaruh Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-63 Padang. PAUD Lentera. Vol 1, No 1

Ozgelen, S. 2012. Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Kerangka Domain Kognitif. Jurnal Eurasia Pendidikan Matematika , Sains & Teknologi, 8 (4), 283-292

Pratiwi, Dian. 2016. Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dengan Metode Guided Discovery Pada Anak Kelompok B TK Salafiyah Pleret Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Edisi 1 Tahun Ke-5.

Puspita, A.R., Paidi, & Nurcahyono, H. 2017. Analisis Keterampilan Proses Sains LKPD Sel Di SMA Negeri Kota Bekasi. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(3), 164-170.

Rohman, M. Ghofar, & Susilo, PH. 2018. Media Pembelajaran Berbasis IT Sebagai Inovasi Pembelajaran Pada Jenjang Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus Guru Taman Kanak-Kanak Muslimat NU Maslakul Huda), Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 7, No. 2

Saidaturrahmi., Ghani, Abdul, & Hasan, M. 2019. Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 07, No. 01, Hlm. 1-8

Suryana, Firdausi Puji, dkk. 2018. Pengaruh Penambahan Soda Dan Asam Jawa (Tamarindus Indicia L.) Pada Minuman Tradisional Kunyit Asem Terhadap Daya Terima Konsumen Berdasarkan Mutu Dan Organoleptiknya. Jurnal Agromix Volume 9, No 1

Thalib, Abd. 2018. Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Pijies: Pedagogik Journal Of Islamic, Vol. 1, No. 1, Hal. 23-36

Tunggala, Sunjaya, dkk. 2016. Perbandingan Sensitivitas Lidah Terhadap Rasa Manis Dan Pahit Pada Oranag Menginang Dan Tidak Menginang Di Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin. Jurnal Kedokteran G igi, Vol. 1, No. 2

Yulianti, Atika Dwi. 2017. Pengaruh Variasi Lama Perendaman Dalam Larutan Sorbitol Terhadap Kadar Vitamin C Manisan Kering Pare Gajih (Momordica Charantia L.). Universitas Setia Budi Surakarta

Vera, Lucy, A., & wooding, SP. 2017. Rasa: Tautan Dalam Rantai Dari Lidah Ke Otak, Sabine Kastner, Universitas Princeton, Amerika Serikat, Volume 5




DOI: 10.24235/awlady.v6i2.6044

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

50  

25

 

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.