PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI

Dwi Anita Alfiani(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu faktor penting dalam kegiatan belajar (KBM)  untuk anak usia play group adalah guru yang memahami berbagai macam karakterisik peserta didik dan peduli terhadap kebutuhan anak didiknya. Namun Dari hasil penelitian dan kenyataan di lapangan, menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk anak-anak usia dini ( play group) masih banyak kelemahan dan kekurangannya karenanya  guru  juga harus mampu menguasai teknik dan metode dalam  mengajar belajar untuk Anak didik pada usia dini.

Untuk dapat menanamkan pemahaman terhadap materi yang disampaikan akan lebih terasa enjoy, fun, fress dan anak merasa happy tidak menjenuhkan dan membosankan, maka perlu adanya pemilihan penggunaan metode yang tepat, sehingga perlu rancang dengan ketertarikan agar anak didik tidak jenuh dan membosankan dikelas sekaligus mensinegrikan aktivitas belajar dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat yaitu menerapkan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual)“. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan peran serta peserta didik dalam proses pembelajaran akan membantu peserta didik dalam memahami  materi. Melalui penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan kegairahan dengan keinginan untuk belajar. Metode pembelajaran Menurut Hamdani (2011 : 80) dapat diartikan ialah sebagai cara yang dipergunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan antara siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Dengan demikian, model pembelajaran merupakan alat untuk menciptakan proses belajar mengajar.

Model pembelajaran merupakan rancangan pembelajaran yang nantinya dijadikan sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Menurut Joyce dan Weil 1980 (dalam Rusman, 2012:133) Model pembelajaran merupakan suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain. Sekarang ini banyak model-model yang bermunculan, hal ini merupakan suatu upaya dalam memperbaiki proses pembelajaran supaya lebih baik. Salah satunya yaitu model pembelajaran SAVI.

Kata Kunci: Somatis, Auditori, Visual, Intelektual dan Hasil belajar


Full Text:

PDF PDF

References


Bahri, Syaiful Djamarah.2008. Psikologi Belajar.Jakarta:Rineka Cipta

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

DePorter, Bobbi. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Editor, Mike Hernacki. Diterjemahkan oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Gintings, Abdurrokhman.2012.Belajar dan Pembelajaran.Bandung:Humaniora

Hake, R.R. (1998). Journal: Analizing Change/Gain Score. USA: Departement of Physics, Indiana University Woodland Hills. Tersedia di: www. physics. indiana. edu/sdi/AnalizingChange.Gain.pdf Diakses 23 Maret 2015.

Herdian, Model Pembelajaran SAVI, di akses 25Maret 2015, dari(http://Herdy07.wordpress.com)

Meier, Dave.2002. The Accelerated Learning Handbook. Bandung : MMU (Mizan Media Utama)

__________.2004. The Accelerated Learning Handbook. Bandung : MMU (Mizan Media Utama)

__________. 2005. The Accelerated Learning Handbooks: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.

Meltzer, David E. (2002). Journal:The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a Possible Hidden Variableî in Diagnostic Pretest cores. USA: Department of Physics and Astronomy, Iowa State University, Ames, Iowa 50011.Tersedia di: www. physics. indiana.edu/sdi/AnalizingChange.Gain.pdf Diakses 23 Maret 2015.

Nara, Hartini dan Evelin Siregar. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusman.2012.Model-model Pembelajaran.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Rusmono.2012.Strategi Pembelajaran dengan PBL itu Perlu.Bogor:Ghalia

Sidjabat, B.S.2008.Teori Pembelajaran Aktif dalam PAK (online, http//titarus.not) diakses 23 Maret 2015.

.2009.Teori Pembelajaran Aktif dalam PAK (online, http//titarus.not) diakses 23 Maret 2015.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

http://www.asikbelajar.com/2012/10/model-pembelajaran-savi-somatic.html (diakses tanggal 27 Mei 2015)

https://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-savi/(diakses tanggal 27 Mei 2015)

http://laportadoradesuenos.blogspot.com/2014/09/model-pembelajaran-savi-terlengkap.html (diakses tanggal 27 Mei 2015)

http://spirit-guru.blogspot.com/2014/08/model-pembelajaran-savi.html(diakses tanggal 27 Mei 2015)




DOI: 10.24235/awlady.v2i1.763

Article Metrics

Abstract view : 1749 times
PDF - 970 times PDF - 874 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Indexed By:

  

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Awlady's Statistic Counter View Here