MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI KKNI DI PERGURUAN TINGGI (Perubahan dari Teacher Centered Learning ke Arah Student Centered Learning)

jaja suteja(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAKSI

 

Perkembangan ilmu pengetahuan,  teknologi informasi dan komunikasi yang sedemikian pesat, menyebabkan berubahnya berbagai kebutuhan SDM di berbagai bidang keilmuan, termasuk di dalamnya pengembangan program studi di perguruan tinggi. Pada saat suatu program studi mengembangkan tujuan pembelajaran yang merupakan titik akhir proses, didasarkan pada standar isi, maka prodi tersebut akan cepat tertinggal oleh pasar kerja. Hal ini disebabkan bahwa peran SDM di suatu perkerjaan pun mengalami perubahan, teknologi dan cara pengerjaannya mengalami perubahan yang sangat drastis. Hal inilah yang memperpanjang kesenjangan antara penyedia SDM dalam hal ini perguruan tinggi dengan pasar kerja yang memerlukan SDM.  Untuk menyiapkan SDM yang profesional dan dapat diserap oleh dunia kerja dibutuhkan pengembangan kurikulum yang dinamis dan kekinian, dengan tidak menyimpang dari tujuan pendidikan itu sendiri yaitu dalam rangka memanusiakan manusia yang diwujudkan dalam pendidikan sepanjang hayat (long live education). 

Salah satu pengembangan kurikulum yang dapat dilakukan diperguruan tinggi adalah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, yaitu suatu konsep kurikulum yang menekankan pada aspek pengembangan kemampuan kompetensi tugas-tugas dengan standar tertentu sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta kuliah berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi antara lain pengetahuan, kemampuan, sikap dan minat peserta kuliah agar dapat melakukan sesuatu  dalam bentuk kemahiran dalam belajar dengan penuh tanggung jawab.

 

Kata Kunci : Model, Pembelajaran, KKNI

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali Al-Jumbulati, M.Arifin (Terj), Perbandingan Pendidikan Islam, Rineka Cipta : Jakarta, 1994.

Anik Gufron, Urgensi Kurikulum Berbasis Kompetensi bagi Lembaga Pendidikan Tinggi di Indonesia: Tuntutan atau Kegagapan Perubahan, Jurnal Lektur Vol. X Edisi Januari-Juni, STAIN Press : Cirebon, 2004.

E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004 : Panduan Pembelajaran KBK, Remaja Rosda Karya: Bandung, 2006.

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Remaja Rosda Karya: Bandung, 2002.

Heri Purnomo, Artikel : Implementasi Kurikulum 2013, Cirebon: Radar, 22 Maret 2013.

Buku : Kurikukum Berbasis Kompetensi (KBK), Ditjen – Dikti Tahun 2009.

Buku : Konsep Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Pendidikan Tinggi, Ditjen - Dikti Tahun 2009.

Djamaludin, Abdullah Aly, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Pustaka Setia: Bandung, 1999.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 234/U/2000 Tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 Tentang Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.

S. Nasution, Kurikulum dan Pengajaran, Bumi Aksara: Jakarta, 1995.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 ; Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Sinar Grafika: Jakarta, 2005.




DOI: 10.24235/edueksos.v6i1.1412

Article Metrics

Abstract view : 2114 times
PDF - 5688 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon