ANALISIS KEHIDUPAN MASYARAKAT MELALUI PENDEKATAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN

Nasehudin Nasehudin(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Sosiologi pendidikan adalah studi tentang interaksi individu dan lingkungan kulturalnya yang terkandung di dalamnya individu-individu lain, kelompok sosial dan pola-pola tingkah laku, dimana seorang individu yang lain selalu dipengaruhi oleh orang dan kebudayaan di sekelilingnya. Sosiologi pendidikan tidak hanya berhubungan dengan tujuan-tujuan pendidikan, kurikulum, metode dan pengukuran, tetapi juga berhubungan dengan sekolah dan seluruh masyarakat. Lingkungan sekolah itu seperti lingkungan sosial individu, lingkungan sosial yang bersifat intern dari sekolah dan lingkungan sosial yang bersifat ekstern. Ada tiga pendekatan dalam menganalisis kehidupan masyarakat yaitu melalui pendekatan individu, sosial dan interaksi. Dalam pendekatan individual menitikberatkan kepada faktor-faktor biologis dari psikologis yang mendeterminir tingkah laku seseorang, kedua faktor itulah yang primair sedangkan faktor lingkungan sekitar fisik dan milieu sosial merupakan faktor sekunder, karena pendekatanindividual berpendapat bahwa individual yang primair, sedangkan masyarakat adalah sekunder. Pendekatan sosial ini adalah masyarakat dengan berbagai lembaganya, kelompok-kelompok dengan berbagai aktivitasnya. Secara konkret aspek sosial ini membahas aspek-aspek atau komponen dari pada kebudayaan manusia, misalnya keluarga, tradisi-tradisi, adat istiadatnya, moralitasnya, norma-norma sosialnya. Maka dalam pendekataninteraksional ini ingin mengetahui dalam konteks sosialnya dengan membahas interaksi antara masyarakat dengan negara. Pendekatan sosio-paedagogik itu ialah pendekatan interaksional itu. Persatupaduan antara pendekatan individual dan pendekatan sosial. Atau dengan perkataan lain sosio-paedagogik lingkungan sekitarnya, yang mencakup individu-individu lain, kelompok-kelompok sosial, pola-pola tingkah laku atau kebudayaannya.

 

Kata Kunci : Kehidupan, Masyarakat, Sosiologi Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ahmadi, Abu.1991. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Bouwman, P.J. 1991. Sosiologi: Pengertian dan Masalah. Terjemahan: Sugitno Suyitno. Yogyakarta: Kanisius.

Gunawan H, Ary. 2000. Sosiologi Pendidikan (Suatu Analisis Sosiologi Tantang Berbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Harvey W. Zorbough.1982. Personality of Educational Sociology.Vo: I. No. 6.

Haditono. 1987. Sosiologi Pengantar. Yogyakarta: Kanisius.

Nasution S. 1983. Sosiologi Pendidikan. Bandung: Jemmar.

Polak, Mayor. 1996. Sosiologi Suatu Buku Pengantar Ringkas. Jakarta: Ichtiar Baru.




DOI: 10.24235/edueksos.v3i2.356

Article Metrics

Abstract view : 1626 times
PDF - 10829 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon