KARAKTERISTIK TEORI-TEORI BELAJAR DALAM PROSES PENDIDIKAN (PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS DAN APLIKASI)

Etty Ratnawati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Beberapa aliran dalam teori belajar memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ada yang menekankan pada “hasil” dari pada proses belajar. Salah satu contohnya aliran kognitif yang menekankan “proses” belajar. Aliran humanistik menekankan pada “isi” atau apa yang dipelajari. Aliran sibernetik menekankan pada “sistem informasi” yang dipelajari dan masih banyak beberapa teori yang mempunyai karakteristik tertentu sesuai jenis dan pengelompokannya. Perbedaan-perbedaan yang terdapat antara karakter berbagai teori belajar itu disebabkan karena perbedaan jenis-jenis belajar yang diselidiki. Belajar ada yang bertahap dan berkarakter rendah dan ada yang bertahap dan berkarakter tinggi; ada belajar yang bersifat skill atau keterampilan dan ada yang bersifat rasional. Jadi dalam hal menilai benar tidaknya pendapat-pendapat yang dikemukakan oleh berbagai teori belajar itu, kita harus memandangnya dari segi-segi karaktersitik tertentu yang sesuai dengan jenis-jenis belajar yang diselidikinya.

 

Kata Kunci : teori belajar, pendidikan, karakteristik, aplikasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Tabrani, Rusyan. 1992.Pendekatan dalam Proses Belajar Mengaja. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Bukhori, Alma. 2009.Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar.Bandung: Alfabeta.

Bruce, Joyce dan Mars Weil. 1986.Models of Teaching. New Jersey:Princeto-Hall.

Djaali. 2008.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.

Hamzah, B. Uno. 2008.Model Pembelajaran Menciptakan Proses BelajarMengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhaimin. 2001.Paradigma Pendidikan Islam:Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2008.Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. 2004.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Usman, Moh. Uzer dan Setiwan Lilis. 1993.Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: 10.24235/edueksos.v4i2.658

Article Metrics

Abstract view : 2257 times
PDF - 6976 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

free web stats Web Stats

ISSN 2548-5008 (online); ISSN 2252-9942 (print)
Copyright ©2022 Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon