UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBER DALAM KOMPETENSI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL))

yulia ningsih(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang penelitian adalah nilai rata-rata tes formatif pada kompetensi Operari Hitung Bentuk Aljabar SMPN 1 SUMBER Tahun pelajaran 2008 / 2009 adalah 5,7. Permasalahannya adalah bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII SMPN 1 SUMBER dalam kompetensi dalam kompetensi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Tujuan penelitian ini adalah ingin meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. Manfaat penelitian adalah bagi siswa, bagi guru, dan bagi sekolah. Metode dalam penelitian adalah metode tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus, dimana tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa KELAS VII SMPN 1 Sumber Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2009 / 2010, yang terdiri dari 40 siswa. Indicator keberhasilan adalah nilai siswa secara individu 75 dan secara klasikal 75% dari semua siswa. Hasil penelitian yang dapat peneliti sajikan adalah sebagai berikukt : pada siklus pertama, siswa yang tuntas belajar klasikal 23 siswa (57,5%) dan yang tidak tuntas 17 siswa (42,5%) dengan rata-rata kelas 68,75 daya serap 68,75%. Pada siklus ke dua siswa yang tuntas belajar klasikal 27 siswa (67,5% dan yang tidak tuntas belajar 13 siswa (32,5%) dengan rata-rata kelas 74,25 daya serap 74,25%. Pada siklus ketiga, sisa yang tuntas belajar klasikal31 siswa (77,5%) dan tidak tuntas belajar 9 siswa 922,5%) dengan rata-rata kelas 77 atau daya serapnya 77%. Karena sudah memenuhi target yang diharapkan maka proses penelitian dihentikan pada nsiklus ke tiga. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL))”. Dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kompetensi Operasi Hitung Bentuk Aljabar pada siswa KELAS VII SMPN 1 SUMBER Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2009/2010. Aktivitas dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar meningkat serta kemampuan guru dalam kegiatan Pembelajaran juga meningkat. Oleh sebab itu dalam pembelajaran disarankan guru menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. 

 

Keywords:Pendekatan Kontekstual, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Operasi Hitung Bentuk Aljabar

Full Text:

PDF

References


Amin Suyitno, 2009, Pemilihan Model-model Pembelajaran dan Penerapan di Sekolah. Semarang, Universitas Negeri Semarang.

Amin Suyitno, 2009, Penelitian Tindakan Kelas Menyusun PTK (Petunjuk Praktis).Semarang ; Universitas Negeri Semarang.

Depdiknas, 2002, Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Dirjen Dikdasmen Direkktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Depdiknas, 2005, Kurikulum 2004, Pedoman Khusus Pengembangan System Penilaian Berbasis Kompetensi SMP Mata Pelajaran Matematika .Jakarta : Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama

Depdiknas, 2005, Modul SMP Terbuka, Matrematika Kelas VII Semester 1, Kegiatan Siswa. Dirjen Dikdasmen Direktorat Pensisikan Lanjutan Pertama.

Depdiknas, 2005, Penelitian Tindakan Kelas.Bahan Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru SMP di PPPG Matematika Yogyakarta. Dirjen Dikdasmen Direktorat Pensisikan Lanjutan Pertama.

Dimyati, dkk, 2009, Belajar dan Pembel;ajaran. Jakarta Penerbit Rineka Cipta.

M. Cholik A, dkk, 2004, Matematika untuk SMP Kelas VII Semester I, IVA. Jakarta : Pustaka.

Sofyan M, dkk, 2009, Pembelajaran Matematika Iva, untuk Kelas VII SMP dan MTs Semester 1, CV. Pustaka Begawan.

Sudjana S, 2000, Strategi Pembelajaran Pendidikan luar Sekolah.Bamdung : Penerbit Falah Production




DOI: 10.24235/eduma.v4i1.13

Article Metrics

Abstract view : 446 times
PDF - 406 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 yulia ningsih

View My Stats
 

 

Creative Commons License
EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching by https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.