METODE TUTOR SEBAYA DALAM KERJA KELOMPOK DAPAT MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PEMAHAMAN STATISTIKA

Mas’ari Rosidin(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memfokuskan pada penggunaan pembelajaran matematika Metode Tutor Sebaya  di SMP Negeri 3 Sumber   Kabupaten Cirebon, serta mengivestigasi peranan kerja  kelompok dalam meningkatkan pemahaman Statitika. Tujuan yang diharapkan dapat dicapai melalui penelitian tindakan kelas adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman siswa pada materi Statistika dengan menggunakan model cooperative learning. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Langkah yang dilakukan adalah melalui perbaikan mengajar guru dan hasilnya dilihat dari ketiga ranah, Yakni kognitif, afektif dan psikomotor. Hasilnya ternyata membuktikan bahwa terjadi peningkatan cukup signifikan pada aktifitas siswa siklus 1 rata-rata sebesar 57,83% , siklus 2 sebesar 69,50% dan siklus 3 sebesar 72,33%. Pada hasil belajar didapat rata-rata nilai siklus 1 sebasar 60,75 nilai rata-rata siklus 2 sebesar 70,88 dan rata-rata nilai siklus 3 sebasar 81,38. Hasil yang dicapai dari penerapan metode tutor sebaya dapat dijadikan arah pijakan dalam penelitian lanjutan yang lebih baik dengan fasilitas yang memadai. Berdsarkan hasil tersebut, penulis merekomendasikan agar para guru dapat menerapkan metode tutor sebaya  sebagai salah satu alternative metode  pembelajaran yang diterapkan karena metode pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Keywords: Tutor sebya, teman sejawat dalam satu kelas.


Full Text:

PDF

References


Ace Suryadi dan Tilaar.(1993). Analisis Kebijakan Pendidikan :Suatu Pengantar. Bandung : PT Remadja Rosda.

Arikunto, Suaharsimi, et.al.. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Eddy M. Hidayat.(1996). Pendidikan dan Pembelajran Sains yang Bagaimana yang Cocok dan Berguna untuk siswa-sekolah di Indonesia. Majalah Pendidikan IPA : Khazanah Pengajaran IPA. Bandung : IMAIPA.

Hilda Karli dan Margaretha, S,Y .(2000). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi : Model-model Pembelajaran. Bandung : Bina Media Informasi.

Nurhadi. (2004) Kurikulum 2004: Pertanyaaan dan Jawaban. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik :Konsep, Landasan Teoritis – Praktis dan Impelementasinya. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher




DOI: 10.24235/eduma.v4i1.14

Article Metrics

Abstract view : 411 times
PDF - 371 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Mas’ari Rosidin

View My Stats
 

 

Creative Commons License
EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching by https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.