KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

Rifqi hidayat(1*), Saerah -(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengkaji akan kemampuan berpikir kritis matematis siswa MTs setelah diterapkannya model pembelajaran project based learning pada pembelajaran matematika. Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa MTs dan kurangnya keaktifan siswa MTs dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan serta peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model Project Based  Learning dengan pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs NU Putra 1 Buntet Pesantren tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 32 siswa pada kelas VII C dengan penerapan model pembelajaran Project Based  Learning dan sebanyak 30 siswa pada kelas VII A dengan pembelajaran secara konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajarannya secara konvensional; (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan penerapan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajarannya secara konvensional.

 

Keywords : Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.


Full Text:

PDF

References


Hidayat, W. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write /TTW (Studi Kuasi Eksperimen di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Cimahi. Tesis pada SPs UPI Bandung : Tidak Diterbitkan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). [online]. Tersedia: http://www.slidesshare.net/.../kurikulum-2013-kompetensi-dasarsmp-ver-3-3-2013.pdf. [6 Maret 2015].

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran (Implementasi Kurikulum 2013). Bandung: Yrama Widya.

Tafsir, dkk. 2008. Pengembangan Wawasan Profesi Guru (Bahan Ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru/PLPG). Bandung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Teguh, M. 2009. Guru Super Indonesia. Jakarta: Mario Teguh Publishing House.

TIMSS. 2007. International Mathematics Report: Findings from IEA’s Trends in International Mathematics and Science Study at the Fourth and Eighth Grades. [Online].Tersedia:http://timss.bc.edu/timss2007/intl_reports.html. [29 Agustus 2015].




DOI: 10.24235/eduma.v6i1.1559

Article Metrics

Abstract view : 480 times
PDF - 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Rifqi hidayat, Saerah -

View My Stats
 

 

Creative Commons License
EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching by https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.