GAME EDUKASI RPG MATEMATIKA

Surya Amami Pramuditya(1*), Muhammad Subali Noto(2), Dede Syaefullah(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan game di Indonesia cukup popular. Sejak tahun 2011, pengguna game sudah mencapai 6,5 juta orang. Dari hasil observasi mahasiswa yang melakukan praktek lapangan, kecenderungan obrolan para siswa, terutama siswa laki-laki pada saat jam istirahat adalah mengenai game. Industri game yang berkembang pesat, membuat para developer game untuk membuat game yang memiliki daya candu besar. Game edukasi adalah game yang didalamnya terdapat unsur-unsur edukasi dan pembelajaran. Game edukasi matematika disisipkan konten pembelajaran matematika berupa soal dan materi. Jenis game dalam penelitian ini adalah game RPG (Role Playing Game), salah satu jenis game yang menitikberatkan pada peran dan jalan cerita yang memiliki tujuan. Player (pemain) diharuskan untuk berbicara dengan pemain lainnya untuk dapat mencapai tujuan akhir dari game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat game sederhana edukasi jenis RPG serta mencari respon game. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan tahap analisis serta mendesain game. Hasil penelitian ini berupa produk game edukasi matematika serta respon pengguna mengenai game tersebut.

Kata Kunci: Game Edukasi, RPG, Matematika


Full Text:

PDF

References


Muliyawati, E. (2011). Jumlah Gamer Online Indonesia Terus Tumbuh, (Online), (http://www.republika.co.id/berita/trendtek/internet/11/09/16/lrlxg4-jumlah-gamer-online-indonesia-terus-tumbuh).

Ramadhan, Astuti, dan Verano. (2015). Game Edukasi Tebak Gambar Bendera Negara Menggunakan Metode Linear Congruential Generator (LCG) Berbasis Android. Jurnal Informatika Global. 6, (1), 27-32. Program Studi Informatika Universitas Indo Global Mandiri.

Sanjaya, Christanti, dan Prayogo. (2016). Mudah Membuat Game Edukasi Berbasis Android. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Setiawan, Astuti, dan Khairina. (2014). Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Android Tebak Lagu Nusantara: Senara. Jurnal Informatika Mulawarman. 9, (2), 24-30. Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Mulawarman.

Teguh Martono, K. (2011). Perancangan Game Edukasi “Fish Identity” Dengan Menggunakan JavaTM. Jurnal Sistem Komputer, 1(1), 49-54.




DOI: 10.24235/eduma.v6i1.1701

Article Metrics

Abstract view : 510 times
PDF - 275 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Surya Amami Pramuditya, Muhammad Subali Noto, Dede Syaefullah

View My Stats
 

 

Creative Commons License
EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching by https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.