PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII

Alif Ringga Persada(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan komunikasi matematika siswa rendah karena sebagian besar siswa bersifat pasif, enggan, takut atau malu mengemukakan pendapat atau idenya. Agar kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat maka dalam proses pembelajaran diperlukan sebuah pendekatan. Salah satu jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan problem posing.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan pendekatan problem posing di kelas VII MTs Negeri Karangampel. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VII MTs Negeri Karangampel. (3) Untuk menganalisis pengaruh dari pendekatan problem posing terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas VII MTs Negeri Karangampel.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Karangampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII G dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata nilai angket sebesar 74,55 sedangkan rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 72,05. Setelah dilakukan uji hipotesis didapat bahwa thitung (4,747) > ttabel (2,024), sehingga hipotesis diterima bahwa ada pengaruh pendekatan problem posing terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa dengan koefisien determinasi sebesar 37,2%, sedangkan sisanya sebesar 62,8% ditentukan oleh faktor lain.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetyo. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_______, Suharsimi. 2007. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Bistari. 2010. Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan dan IPA Vo.1 No.1, Januari 2010

Dewi, Nisa. 2012. Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa (Studi Eksperimen di SMP Negeri 9 Kota Cirebon). Skripsi. Tidak diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elida, Nunun. 2012. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol.1 No.2, September 2012.

Haji, Saleh. 2011. Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan TRIADIK. Volume 14, No.1, April 2011.

Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Irwan. 2011. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create And Share (SSCS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika (Suatu Kajian Eksperimen Pada Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang (UNP)). Jurnal Penelitian Pendidikan Vol.12 No.1, April 2011: 3

Muhidin, Ali dan Maman Abdurrahman. 2007. Analisis Korelasi Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyadi. 2010. Evaluasi Pendidikan. Malang: UIN Maliki Press.

Munawwaroh, Qudriyyatul. 2013. Pengaruh Penerapan Evaluasi Formatif Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika

Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kelas VIII Di MTs Khas Kempek Kabupaten Cirebon. Skripsi. Tidak diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Mustaqim. 2001. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Setia Offset.

Nasehuddien, Toto Syatori. 2011. Metodologi Penelitian Sebuah Pengantar. Cirebon: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cirebon.

Nawawi. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Pembagian dan Perkalian Melalui Penggunaan Metode Problem Posing pada Siswa Kelas II SDN Cakung Barat 03 Pagi Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Jurnal Pendidikan.

Nurafifah, Dian Septi. 2012. Pendekatan Problem Posing dengan Latar Belakang Kooperatif. Jurnal Gamatika. Vol II No.2, Mei 2012.

Permana, Irvan. 2011. Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi pada Pokok Bahasan Bilanga Bulat Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sumber Jaya Kabupaten Majalengka..Skripsi. Tidak diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Purwanita, P. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam Upaya Meningkatkan Penalaran dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Bandung: Skripsi FPMIPA UPI. Tidak diterbitkan

Purwanto, Ngalim.2000. Prinsip-Prinsip dan Teknik-Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Puspita, Dayang Yeni Riya dkk. 2013. Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Artikel Penelitian.

Rahman,Abdul. 2007. Implementasi Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika (Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa). Jurnal Buana Pendidikan: Teori dan Penelitian Pendidikan. Tahun IV No.06, April 2007.




DOI: 10.24235/eduma.v3i1.2

Article Metrics

Abstract view : 908 times
PDF - 722 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Alif Ringga Persada

View My Stats
 

 

Creative Commons License
EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching by https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.