PENGARUH PENERAPAN PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Nurma Izzati(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: 1) pengaruh penerapan program remedial melalui pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa, 2) pengaruh penerapan program pengayaan melalui pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa, dan 3) 1) respon siswa terhadap penerapan program remedial dan pengayaan melalui pembelajaran tutor sebaya. Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi program remedial melalui pembelajaran tutor sebaya (sebagai tutee) dan siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi program pengayaan melalui pembelajaran tutor sebaya (sebagai tutor). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Cirebon pada semester genap tahun akademik 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan program remedial melalui pembelajaran tutor sebaya memberikan pengaruh yang positif secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, 2) penerapan program pengayaan melalui pembelajaran tutor sebaya memberikan pengaruh yang positif secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa, dan 3) siswa memperlihatkan respon yang positif terhadap keseluruhan aspek penerapan program remedial dan pengayaan melalui pembelajaran tutor sebaya. Dengan demikian disarankan agar program remedial dan pengayaan melalui pembelajaran tutor sebaya dapat diterapkan di sekolah sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Keywords: remedial, pengayaan, tutor sebaya, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Arikunto, Suharsimi. 1986. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: CV. Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Echols, John M. dan Hasaan Shadily. 2007. Kamus Inggris Indonesia (An English-Indonesia Dictionary). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, Cet. 29.

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Mulyasa, E. 2007. Implementasi Kurikulum 2004: Perpaduan Pembelajaran KBK. Bandung: Rosdakarya

Prayitno. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineke Cipta.

Price, J. 1996. “President’s Report: Building Bridges of Mathematical Understanding for All Children”. Journal for Research in Mathematics Education. 27(5).

Purwanto, M. Ngalim. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Karya.

Ruseffendi, E.T. 1984. Pengajar Matematika Modern untuk Orang Tua, Murid, dan SPG. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E.T. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Matematika, FMIPA, UPI.

Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani

SW, Ischak dan Warji R. 1987. Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Liberty.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: 10.24235/eduma.v4i1.20

Article Metrics

Abstract view : 1022 times
PDF - 1571 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats