ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PGSD DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN GEORGE POLYA

Nia Kania(1*),


(1) Universitas Majalengka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi penyebab mahasiswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam setiap langkah pemecahan masalah George Polya; (2) Bagaimana cara mengatasi kesalahan mahamahasiswa dalam pemecahan masalah matematis? Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester V pada Program Studi Guru Sekolah Dasar Universitas Majalengka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara serta observasi.. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Faktor yang menyebabkan kesulitan mahasiswa yaitu (a) masih kurangnya pemahaman mahasiswa dengan materi yang diajarkan; (b) mahasiswa belum menguasai materi bangun ruang; (c) kurangnya daya ingat mahasiswa untuk mengingat kembali materi yang telah disampaikan; (2) Langkah-langkah penyelesaian yang ditemukan yaitu (a) membaca dan memahami; (b) menggali serta menuliskan informasi yang dapat dimunculkan dari soal; (c) memilih strategi penyelesaian; (d) mengerjakannya serta meneliti kembali jawabannya.

 

 

Keywords: Analisis Kesalahan, Pemecahan Masalah Matematis, Goerge Polya


Full Text:

PDF

References


Ellison, J. G. 2009. Incresing Problem Solving Skill in Fifth Grade Advanced Mathematics Student. Journal of Curriculum and Instruction, 3(1): 1-17.

Hudoyo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika Malang. Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Polya, George. 1973. How to Solve It: a New Aspect of Mathematics Method 2nd Edition. New Jersey: Princeton University Press.

Ratnasari, Desi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa. Skripsi Sarjana. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.Tidak dipublikasikan.

Ruseffend. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengem-bangkan Kompetensinyadalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Siwono, Tatag Y. E. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unesa university

Sugiman, Kusumah, & Subanjar. 2008. Pemecahan Masalah Matematis dalam Matematik Realistik. Bandung: Jurnal UPI.




DOI: 10.24235/eduma.v7i1.2711

Article Metrics

Abstract view : 262 times
PDF - 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Nia Kania

View My Stats
 

 

Creative Commons License
EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching by https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.