PENGARUH EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR MATEMATIKA SISWA (STUDI KASUS DI KELAS VIII SMPN 4 KOTA CIREBON)

budi manfaat(1*), icih kurniasih(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Berpikir adalah proses mental seseorang yang lebih dari sekedar mengingat dan memahami.
Dengan berpikir, maka kita akan menemukan pemahaman yang kita kehendaki. Proses
pembelajaran yang terjadi saat ini di sekolah cenderung monoton dan hanya mengandalkan
kecerdasan intelektual saja. Kecenderungan orang berpendapat bahwa Matematika itu
hanya dapat diselesaikan dengan menggunakan IQ saja, padahal dalam memecahkan
permasalahan matematika juga diperlukan kesabaran, ketelitian dan kestabilan emosi. Ini
berarti, semakin siswa dapat mengelola emosinya dengan baik maka semakin dapat
memunculkan ide-ide kreatif dalam memecahkan suatu permasalahan. Berdasarkan studi
pendahuluan penulis di SMP Negeri 4 Kota Cirebon, ada beberapa siswa yang tergolong
cerdas secara emosi, ia mampu memecahkan suatu permasalahan belajar dengan sesuatu
yang baru. Padahal mayoritas mereka tinggal di daerah perkotaan yang rentan akan
labilnya emosi. Sehingga ini adalah hal yang menjadi permasalahan dalam penelitian
penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi Emotional Quotient (EQ)
siswa dalam pembelajaran matematika, seberapa tinggi kreativitas berpikir matematika
siswa dalam menyelesaikan soal dan untuk mengetahui besarnya pengaruh Emotional
Quotient (EQ) terhadap kreativitas berpikir matematika siswa kelas VIII. Semakin tinggi IQ
seseorang, semakin penting Emotional Quotient (EQ) berperan bagi orang tersebut karena
IQ tidaklah berarti tanpa disertai dengan EQ. Sehingga keduanya pun akan berfungsi secara
seimbang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif,
sedangkan metode penelitiannya menggunakan metode expostfacto. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Cirebon yang berjumlah 398
siswa, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan
mengambil satu kelas dari sembilan kelas yaitu kelas VIII D yang berjumlah 44 siswa.
Variabel dalam penelitian ini adalah Emotional Quotient dan kreativitas berpikir matematika
siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Setelah data
diperoleh, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik
berupa uji regresi. Setelah diadakan penelitian dan pengolahan data berdasarkan SPSS 15
for windows dan minitab, maka hasil penelitian yang diperoleh dari Emotional Quotient
(EQ) siswa menunjukkan kriteria baik (64,5%), dengan rata-rata skor angket 90,43 dan
simpangan baku 15,284. Kreativitas berpikir matematika siswa memiliki persentase sebesar
72%, dengan rata-rata nilai tes sebesar 71,55 dan simpangan baku 16,353. Persamaan
regresi yang dihasilkan yaitu
^
dengan nilai koefisien determinasi
yaitu sebesar 80,9%. Hal ini dapat diartikan bahwa pengaruh Emotional Quotient (EQ)
Y
962,0491,15
+-=
X
terhadap kreativitas berpikir matematika siswa sebesar 80,9%, sedangkan sisanya19,1%
dipengaruhi oleh faktor lain selain Emotional Quotient (EQ).
Kata kunci: Emotional Quotient (EQ), Kreativitas berpikir matematika.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka

Cipta.

Al Tridhonanto.

Meraih Sukses dengan Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo.

Arikunto, Suharsimi. 2003.

Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Djaali. 2008.

Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

DePorter, Bobbi. 2010. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa

Efendi, Agus.

Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Faoziyah, Sayidah. 2004. Pengaruh Emotional Quotient terhadap Prestasi Belajar

Matematika (Studi Kasus di MTs Negeri Jalaksana Kuningan. Skripsi Matematika

STAIN Cirebon. Tidak Diterbitkan.

Goleman, Daniel. 2009. Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta:

Bumi Aksara.

Jauharudin. 2007. Pengaruh Peenggunaan Metode Penemuan terhadap Kemampuan Siswa

dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika pada Pokok Bahasan Lingkaran di

MTsN Karangkendal Kabupaten Cirebon.

Skripsi Matematika STAIN Cirebon. Tidak

Diterbitkan.

Juhairiyah. 2008.

Pengaruh Emotional Quotient (EQ) dan Lingkungan Belajar terhadap

Prestasi Belajar Matematika (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Losari

Brebes

). Skripsi Matematika STAIN Cirebon. Tidak Diterbitkan.

Kusmanto, Hadi. 2004. Korelasi RME dengan Kreativitas Berpikir Siswa (Upaya

Menumbuhkembangkan Kreativitas Berpikir Siswa di SMPN Plumbon.

Skripsi

Matematika STAIN Cirebon. Tidak Diterbitkan.

Mustafa EQ, Zainal. 2009.

Mengurai Variabel hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Mustaqim. 2001. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nasehuddien, Toto Syatori. 2008.

Metodologi penelitian: Sebuah Pengantar. Cirebon:

STAIN.

Nggermanto, Agus. 2003. Quantum Quotient. Bandung: Nuansa.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Jakarta: MediaKom.

R. Hoerr, Thomas. 2007. Multiple Intelligences. Bandung: Kaifa.

Riduwan. 2005.

Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

. 2006. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

. 2007. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riduwan dan Akdon. 2009. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Santoso, Singgih. 2009.

Business Forecasting, Metode Peramalan Bisnis Masa Kini dengan

MINITAB dan SPSS

. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sarwono, Jonathan. 2006. Analisis Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: andi.

Satiadarma, Monty P dkk. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Solso, Robert dkk. 2007. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D

. Bandung: Alfabeta.

. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D

. Bandung: Alfabeta.

. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman E. & Kusumah YS. 1990. Petunjuk Untuk Menjalankan Evaluasi Matematika.

Bandung: Tarsito.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007.

Landasan Psikologi Proses Pendidkan. Bandung:

Rosdakarya.

Sunar Prasetyo, Dwi. 2010.

Super Lengkap Tes IQ-CQ. Jogjakarta: Diva Press.




DOI: 10.24235/eduma.v1i2.301

Article Metrics

Abstract view : 787 times
PDF - 489 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats