ANALISIS BERPIKIR GEOMETRIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Faiga Rahmatia(1*), Teguh Wibowo(2), Mita Hapsari Jannah(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Purworejo
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan berpikir geometris yang dimiliki oleh siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan siswa kelas X yang mempunyai nilai matematika di atas rata-rata sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan lembar masalah sebagai instrumen pendukung untuk mengetahui tahapan berpikir geometris yang dimiliki siswa. Lembar masalah berupa pertanyaan yang berfungsi untuk merangsang munculnya tahapan berpikir geometris yang dimiliki siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan lembar jawaban siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dari Miles & Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada suatu aktivitas yang belum masuk pada tahapan berpikir geometris menurut Van Hiele dan Musa. Aktivitas tersebut adalah menentukan rencana untuk menyelesaikan masalah matematika, dan dalam penelitian ini peneliti sebut sebagai level 1,5 yaitu mengorganisasi.

Keywords


berpikir geometris, masalah matematika

Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/eduma.v8i1.3232

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Faiga Rahmatia, Teguh Wibowo, Mita Hapsari Jannah

View My Stats
 

 

Creative Commons License
EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching by https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.