PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRI SISWA (Studi Eksperimental Terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gegesik Cirebon Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar)

kusniya kusniya(1), Arif Muchyidin(2*),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Matematika sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika khususnya pada materi bangun ruang sisi datar adalah salah satu materi yang sangat sulit dipahami oleh siswa. Bangun ruang merupakan bangun berdimensi tiga yang sangat membutuhkan penalaran yang tinggi. Kemampuan berpikir geometri siswa rendah karena sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menalar suatu gambar bangun ruang. Agar kemampuan berpikir geometri siswa meningkat maka dalam proses pembelajaran diperlukan sebuah model pembelajaran. Salah satu jenis model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual And Intellectual). Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  (1)  untuk  mendeskripsikan  tentang  repon  siswa  terhadap  penerapan  model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual And Intellectual) di kelas VIII SMP Negeri 1 Gegesik, (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir geometri siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Gegesik, (3) untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidaknya penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual And Intellectual) terhadap kemampuan berpikir geometri siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Gegesik Tahun 2012/2013.

Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa model pembelajaran SAVI berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir geometri siswa. Ada dua jenis variabel yaitu variabel X dan variabel Y. variabel X adalah variabel bebas dalam hal  ini  yaitu model pembelajaran SAVI, sedangkan variabel Y  adalah variabel terikat dan dalam hal  ini  adalah kemampuan berpikir geometri siswa.

Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gegesik yang berjumlah 1.063 siswa dengan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas VIII F yang diambil secara cluster random sampling. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir siswa, maka dilakukan analisis uji regresi sederhana dengan menggunakan SPSS.

Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa nilai korelasi 0,498. Hal ini berarti ada hubungan yang cukup kuat antara variabel X (model pembelajaran SAVI) dengan variabel Y (kemampuan berpikir geometri siswa). Begitu juga perolehan uji regresi Y = a + b x dari hasil perhitungan diperoleh a = 39,706 dan b = 0,466. Sehingga persamaan regresi yang didapat adalah sebagai berikut: Y =39,706 + 0,466 X. nilai thitung = 3,538 dan ttabel = 2,021. Karena thitung = 3,538 >  2,021 maka  Ho  ditolak dan  Ha  diterima. Berarti  terdapat pengaruh yang  signifikan variabel X  (model pembelajaran SAVI) terhadap variabel Y (kemampuan berpikir geometri siswa).

 Kata Kunci : SAVI, berpikir Geometri


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

_. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

_. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_ . 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah, Iis. 2012. Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan “SAVI” Terhadap Motivasi Belajar Matematika (Studi pada Siswa SMP Negeri 2 Sumber Kabupaten Cirebon). Skripsi. Not Published. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.http://goez17.wordpress.com/2011/11/23/pendekatan-savi/. Diunduh 21 Juni 2013 pukul 10.00 WIB

John A. Van De Walle. 2008. Matematika Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Max A. Sobel dan Evan M. Maletsky. 2004. Mengajar Matematika: Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas, dan Strategi. Jakarta: Erlangga.

Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Hand Book. Panduan Kreatif Dan Efektif

Merancang Program Pendidikan dan Penelitian. Bandung: Kaifa.

Nasehuddin, Toto syatori. 2011. Metodologi Penelitian. Cirebon: Nurjati Press.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahaju, Endah Budi, Dkk. 2008. Matematika SMP Kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan Buku.

Riduwan. 2003. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

_. 2008. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sinar Grafika. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2001. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti. Bandung: Tarsito.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Pendekatan Strategi Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. http://akhmadsudrajat.wordpress.com. Diunduh tanggal 25 Juni 2013 pkl.10.00

Sue Johnston Wilder And John Mason. 2005. Developing Thinking In Geometry. New Delhi: Sage.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Surapranata, Sumarna. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_ . 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

_. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

_. 2011. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Trihendradi, Cornelius. 2009. Step by Step SPSS 16 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: CV. Andi offset.




DOI: 10.24235/eduma.v2i2.38

Article Metrics

Abstract view : 1046 times
PDF - 1255 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 kusniya kusniya, Arif Muchyidin

View My Stats
 

 

Creative Commons License
EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching by https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/index is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.