HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SOAL CERITA MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Idah Faridah Laily(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan membaca mutlak dimiliki siswa karena keterampilan membaca besar manfaatnya untuk mempelajari bidang studi lain. Dalam membaca terkandung prinsip yaitu memahami inti yang dibaca atau menemukan isi bacaan. Hal ini sesuai dengan salah satu komponen pembelajaran di SD khususnya tingkat tinggi yaitu membaca pemahaman. Kemampuan membaca pemahaman adalah kesanggupan siswa untuk memahami suatu bacaan yang meliputi kesanggupan memahami makna kata, makna kalimat, isi pokok paragraf, dan isi bacaan. Kemampuan membaca pemahaman bermanfaat pada Mata Pelajaran Matematika, khususnya soal cerita yang disajikan dalam bentuk kalimat-kalimat verbal dan menanyakan kuantitas-kuantitas tertentu. Untuk itu diperlukan kemampuan memahami bacaan dari soal cerita. Kemampuan membaca pemahaman dapat mempengaruhi kemampuan dalam menyelesaikan masalah matematika. Masalah matematika dikemas dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan sekitar siswa, sehingga siswa harus membaca teks soal cerita terlebih dulu sebelum menyelesaikan soal tersebut. Teks bacaan yang harus dibaca terlebih dahulu dan kesulitan dalam mengubah kalimat bahasa ke dalam kalimat matematika yang membuat siswa merasa jenuh saat menyelesaikan soal cerita

Full Text:

PDF

References


Akhadiah M.K., Sabarti, Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan. 1991. Bahasa Indonesia.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Asep Jihad. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika (Tinjauan Teoritis dan Historis). Bandung: Multi Presindo.

Barton, B., & Neville-Barton, P. 2003. Language issues in undergraduate mathematics: a report of two studies. New Zealand Journal of Mathematics, 32, 19-28.

Supplementary Issue. Bruner, J. 1990. Acts of Meaning. Cambridge: Havard University Press.

Clapham, C. 1996. The Development of IELTS: A study of effect of background knowledge on reading comprehension. Cambridge: Cambridge University Press.

Crawley, S.J. & Mountain, L. 995.Strategies for Guiding Content Reading. Boston: Allyn and Bacon.

Farida Rahim. 2007. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Hudoyo, Herman dan Surawijaya, A. 1997.Matematika. Bagian P3GSD Ditjen-Dikti Depdikbud, Jakarta

Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Wahyudin. 2010. Materi Pelajaran Matematika Kelas Rendah. Bandung: Mandiri Bandung




DOI: 10.24235/eduma.v3i1.8

Article Metrics

Abstract view : 1255 times
PDF - 1007 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats