UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI TK ZULHIJJAH MEDAN

Armanila Armanila(1*),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: The objective of this research is to know the increasing interpersonal and intrapersonal intelligence of early childhood (5-6 years old) through thematic learning. This study was conducted of the first semester of Zulhijjah kindergarten in 2014 academic year. The methodological of this research was used classroom action research method by applied”Kemmis and Taggart”model and used two cycle, which consist of four steps as follows: 1) planning, 2) implementation, 3) observation, 4) reflection. The point of new of this study is 10 children of B class at Zulhijjah kindergarten Medan. Based on the concept of classroom action research that has mixed paradigma method, namely quantitative and qualitative research methods. The quantitative data was analyzed by using t-test, paired samples (t-paired samples) to know of increasing of interpersonal and intrapersonal intelligence before and after done the action, then to show the difference each cycles. And qualitative data was analyzed based in the observation result that has done. The result of this research shows that there is a significant different in increasing interpersonal and intrapersonal intelligence through thematic learning in pre and post assesment. After counted the data that had found from the field by using t-test formula, the result of counting is as follows: 1) interpersonal intelligence of t-test= -19,844 lower than t-table= 2,262. 2) intrapersonal intelligence of t-tes= -18,253 lower than t-table= 2,262, by that, it can be told that, there is an increasing between the first and in the final assesment in the level of confidence /trust 95% to interpersonal and intrapersonal intelligence. It can be seen in pre-action too, which average value of interpersonal intelligence as big as 40,62%, then in cycle I increase to 64,79%, and in the final cycle II has been reached 80,41%. From the finding of the research can be concluded that to increase interpersonal and intrapersonal intelligence of early chilhood (5-6 years old) need to pay attention the thematic learning that is used.

Keywords: interpersonal, intrapersonal intelligence, thematic learning.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal anak usia dini (5-6 tahun) melalui pembelajaran tematik. Penelitian dilakukan pada Taman Kanak-kanak Zulhijjah Medan selama semester pertama tahun pembelajaran 2014. Secara metodologi penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menerapkan model”Kemmis dan Taggart”dalam dua siklus, dengan tahapan sebagai berikut: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang anak kelas B di Taman Kanak-kanak Zulhijjah Medan. Sesuai dengan tuntunan penelitian tindakan kelas, maka diterapkan metode penelitian berparadigma ganda yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan uji-t, sampel berpasangan (t-paired samples) untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal sebelum dan sesudah dilakukan tindakan, serta melihat perbedaan pada tiap-tiap siklus, sedangkan data kualitatif dianalisis berdasarkan hasilobservasi yang telah dilakukan.  Hasil penelitian menunjukkan, bahwa adanya perbedaan yang signifikan dalam peningkatan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal melalui pembelajaran tematik, pada assesmen awal dan assesmen akhir, setelah dilakukan penghitungan dengan menggunakan uji-t, maka hasilnya adalah sebagai berikut: 1) t-hitung kecerdasan interpersonal= -19,844 lebih kecil dari nilai t-tabel= 2,262, 2) t-hitung kecerdasan intrapersonal=-18,253 lebih kecil dari nilai t-tabel= 2,262 dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat  peningkatan antara assemen awal dan assesmen akhir pada tingkat kepercayaan 95% terhadap kecerdasan interpersonal dan intrapersonal. Hal ini juga terlihat pada pra tindakan dengan nilai rata-rata kecerdasan interpersonal sebesar 40,62% lalu pada siklus I meningkat menjadi 64,79%, dan diakhir siklus II telah mencapai 82,70% demikian juga pada kecerdasan intrapersonal yaitu memiliki nilai rata-rata pada pra tindakan sebesar 43,95% lalu pada siklus I meningkat menjadi 63,75% dan diakhir siklus II telah mencapai 80,41%. Dari temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal anak usia dini (5-6 tahun) perlu memperhatikan pembelajaran tematik yang digunakan.

Kata kunci: kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, pembelajaran tematik.


Full Text:

PDF

References


Amstrong,T, 1994, Multiple Intellegences in the Classroom, Virginia: Association for supervision and Curriculum Development.

,2002, Multiple Intellegences in the Classroom, Terjemahan Yudhi Murtanto, Jakarta: Kaifa.

Asrori, M. 2003, Perkembangan Peserta Didik, Malang: Wineka Media.

Borg R and E.M Gall, 1997, Educational Research: An Introduction:Fifth Edition, New York: Longmon.

Bronson, Martha B., 1999, The Right Stuff: Selecting Play Materials to Support Development, Washington D.C.: National Association for the Education of young Children.

Collin, G dan Dixon, 1991, Integrated learning: Planned Curriculum Unit, Iinois: IRI/Skylight Puplishing, Inc.

Dahlan, 1990, Model-model Mengajar (Beberapa Alternatif Interaksi Belajar Mengajar), Bandung: CV. Diponogoro.

Fakhruddin, Umar, A, 2010, Sukses menjadi Guru TK-PAUD. Jogjakarta: Bening.

Fogarty, R.1991, How To Integrate The Curricula, Palatitine: IRI/Skylight Training and Puplishing, Inc.

Gardner, H. 2003, Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Teori Dan Praktek, Alih Bahasa Alexsander Sindoro, Interaksara.

,2013, Multiple Intellegence Memaksimalkan Potensi dan Kecerdasan Individu dari Masa Kanak-kanak Hingga Dewasa, Terjemahan Yelvi Andri Zaimur, Jakarta: Daras Book.

, 1999, Intellegence Reframed, New York: Basic Books.

Jamaris, M, 2010, Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Jakarta: Yayasan Penamas Murni.

,2008, Pembelajaran Tematik”, Makalah tidak diterbitkan disampaikan pada seminar nasional dan workshop “Pembelajaran Tematik”, Medan: Universitas Negeri Medan, 25 Agustus 2008.

Isaac, S. 1980, Handbook In Research And Education, San Diego: Science ITB.

Khadijah, 2012, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Bandung: Citapustaka Media Perintis.

, 2011, Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pembelejaran tematik: Penelitian Tindakan pada TK di Kota Medan, Disertasi tidak diterbitkan Jakarta: UNJ.

Kemmis, S dan Mc Taggart, R, 1999, The Action Research Planner, Victoria, Deakin University.

Mariyana, R, 2005, Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar di Taman Kanak-kanan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Maryam, 2010, Penggunaan Bermain Peran (Pasar-pasaran) dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Skripsi. Tidak Diterbitkan, UMS.

Masganti, S, 2009, Optimalisasi Kompetensi Moral Anak Usia Dini, Disertasi tidak diterbitkan Jakarta: UNJ.

Megawangi, R dkk, 2005, Pendidikan Holistik, Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Musfiroh, T, 2008, Pengembangan Kecerdasan Jamak, Jakarta: Universitas Terbuka.

, 2008, Cerdas Melalui Bermain Cara Mengasah Multiple Intellegences pada Anak Sejak Usia Dini, Jakarta: PT. Grasindo.

Mangoenprasodjo, A, S, dan Hidayati, , N.S, 2005, Anak Masa Depan dengan Multiple Intelegensi, Yogyakarta: Pradipta Puplishing, 2005.

Niff, Mc. J. 1992, Action Research:Prinsiple and Practice, London.

Romiszowski, A.J. 1981, Designing Intructional, New York: Kogen Page.

Rohde, B, dkk, 1991, Teaching Young Children Using Themes, America: Good Year Books.

Setyono, 10.2008, Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Media Pembelajaran Terhadap PrestasBelajar”.http://setyono.blogspot.com/2008/11/pengaruh-kecerdasan-intrapersonal-dan.html.

Seefeldt, C and Barbour, N, 1994, Early Childhood Education, New York:Merril Puplishing Company.

Spencer dan Kass, 1970, Perspektivesin Child Psychology, New York: MC Graw Hill Book Company.

Safaria, T. (2005) Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.

Santrock, JW, 2007, Psikologi Pendidikan, Terjemahan Tri Wibowo, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santoso, S. 2002, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Citra Pendidikan.

Spradley, James, P. 1980, The Ethnographic Interview, New York: Holt, Rinehart and Winston.

Suharsimi, A, 2000, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suyadi. 2010, Psikologi Belajar PAUD, Yogyakarta : Pustaka Insan Madani

Soetjiningsih, Tumbuh kembang anak, Jakarta: EGC.1995

Suyanto, S, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat Puplishing, 2005.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Eka Jaya, 2003.




DOI: 10.24235/equalita.v1i2.5480

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak Indexed By:

           

   


EDITORIAL OFFICE:

LP2M Building, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-489926.

 

Creative Commons License
Equalita: Jurnal Studi Gender dan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.