Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA(Studi Penelitian di MI AN-NUR Kota Cirebon)

Mukhlishoh Mukhlishoh(1*), Iis Khisbiyah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pentingnya kegiatan teknologis dalam pengelolaan tersebut dimakasudkan agar dapat membantu proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan, Namun, pada saat ini banyak siswa yang belum menunjukkan  motivasinya  dalam belajar dikarenakan proses pembelajaran yang membosankan tanpa adanya media yang baru. Salah satu media teknologi dalam pembelajaran adalah media film animasi, media film animasi merupakan  media berupa gambar yang bergerak disertai dengan suara dan merupakan perkembangan dari IPTEK. Dengan penggunaan media film animasi ini terdapat pengaruh bagi siswa itu sendiri dalam proses belajarnya seperti meningkatnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V.2 MI An-Nur Kota Cirebon sebanyak 28 siswa dan menggunakan sampel total sampling yaitu kelas V sebanyak 28 siswa. Dari hasil pengolahan data tersebut didapat kesimpulan bahwa rata – rata nilai angket media film animasi di MI An-Nur kota Cirebon sebesar 84% dan motivasi belajar IPA diperoleh rata – rata persentase yang menjawab 5(sangat setuju) sebesar  42%, menjawab 4(setuju) sebesar 36,5% jadi jumlahnya adalah 78,5%. Adapun hasil uji regresi menggunakan Analisis Model Summaryb pengaruh media film animasi dapat menggunakan angka R Square (koefisien determinasi) 0,246 x 100 = 24,6%. Angka tersebut memiliki arti bahwa sebesar 24,6%  variabelitas motivasi belajar dipengaruhi oleh variable media film animasi. Dan sisanya sebesar 100-24,6 = 75,4 % harus dijelaskan oleh faktor faktor lainya yang berasal dari luar model regresi ini. Berdasarkan tabel  analisis anova b didapat nilai Sig sebesar 0,007 Karena lebih kecil 0,05 maka H0 ditolak dan  Ha diterima maka terdapat hubungan linier antara variable pengaruh media film animasi  dan motivasi belajar siswa di MI  AN-NUR Kota Cirebon.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi,Abu dan Widodo. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:CV Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT RinekaCipta

. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: Rajawali Press.

.1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Artawan, Rudi. 2010. Pembelajaran biologi dengan menggunakan Media Animasi. . tersedia dalam http://biologinfo.blogspot.com/2010/07/pembelajaran-biologi-dengan-menggunakan.html diakses tanggal 17-04-2015 jam 03.55 wib

Ariyonso.2009.Penyusunan Hipotesis.Tersedia dalam

https://ariyoso.wordpress.com/tag/membuat-hipotesis-statistik/ di unduh pada hari kamis 04/062015 jam 23:10 WIB

Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima

Bisri,Hasan Cik. 2001. Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi Bidang Ilmu Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo.

Bungsu, Ra Putra .2015. penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar serta nilai dan manfaat media pembelajaran. Tersedia dalam https://www.academia.edu/3990310/penggunaan_media_pembelajaran_dalam_proses_belajar_mengajar_serta_nilai_dan_manfaat_media_pembelajaran diunduh tanggal 06/06/2015 jam 14:30 WIB

Darmawan, Deni.2011.Teknologi Pembelajaran.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Djaali. 2008.Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Fauzi,Ahmad.1999.Psikologi Umum. Bandung:Pustaka Setia.

Furoidah, Maya Fanny. 2009. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII MTS Surya Buana Malang. Tersedia dalam . http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TEP/article/viewfile/4793/3397 diakses tanggal 17-04-2015 jam 03.55 wib

Gintings, Abdurrokhman.2012.Esensi Praktis Belajar DanPembelajaran.Bandung : Humaniora

Kamriantiramli,2011.Media Animasi Untuk Siswa. Tersedia dalam https://kamriantiramli.wordpress.com/tag/kelebihan-dan-kekurangan-media-animasi/ Diunduh pada hari selasa 02/06/2015 jam 14.00 wib

Kasan, Tolib. 2009. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Studia Press

Kumaidi dan Budi Manfaat. 2013. Pengantar Metode Statistika. Cirebon : Eduvision Publishing

Munadi, Yudhi.2010.Media Pembelajaran sebuah pendekatan baru.Jakarta: Gaung Persada Press

Nuryadin, Adin.2015. Pentingnya Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Tersedia dalam http://www.kompasiana.com/adin8118/pentingnya-pembelajaran-ipa-di-sekolah-dasar_54f90eb1a33311f8478b49aa Diunduh pada hari selasa 02/06/2015 jam 14.00 wib.

Purwanto, Ngalim. 1997. Administrasi dan Supervisi pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ridwan.2007.Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-karyawan dan PenelitiPemula. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana.2010.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PTRemaja Rosda Karya.

Sudjana. 2004. Manajemen Program Pendidikan. Bandung:Falah Production.

Sudjiono,Anas. 2001. Statistic Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono.2014.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,Dan R & D.Bandung: Alfabeta

.1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Rajawali Press.

Susiliana, Rudi dan Cepi Riana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Guru dan Dosen (UU No. 14 tahun 2005) dan Standar Nasional Pendidikan (PP No. 19 tahun 2005)

Usman, Moh. Uzer dan Lilis Setiawati. 1998. Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Utami, Mundandar. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah.Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wahidin.2006. Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Sangga Buana.

Walpole, R.E. 1995. Pengantar Statistika (Edisi ke-3). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wijaya, Cece dan Rusyan Tabrani. 1991. Kemampuan Dasar guru dalam ProsesBelajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara

Yamin, Sofyan dkk. 2011. Regresi dan Korelasi Dalam Genggaman Anda. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.125

Article Metrics

Abstract view : 1401 times
PDF - 2161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com