PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH DI SD NEGERI CIMOHONG 02 KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREB

Syibli Maufur(1*), Anis Puadah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Dari  segi akademik anak kelas 3 seharusnya sudah mahir membaca tetapi pada kenyaataanya ada beberapa siswa yang masih belum bisa  atau lancar membaca. Bisa jadi dari faktor dari diri sendiri atau peran orang tua yang kurang memperhatikan kebutuhan anaknya. dari segi psikologi juga seharusnya kelas 3 sudah bisa  membaca karna dari kelas 1 dan 2 sudah diajarkan untuk membaca.Orang tua memegang peranan yang amat penting untuk meningkatkan perkembangan dan prestasi anak. Tanpa dorongan dan motivasi orangtua, maka perkembangan prestasi belajar sang anak akan mengalami hambatan dan menurun.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan data tentang kemampuan membaca siswa kelas III, dan bimbingan orang tua kepada anaknya. Dan mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap kemampuan membaca siswa kelas rendah di SD negeri cimohong 02 semester ganjil tahun 2015/2016 kecamatan bulakamba kabupaten brebes.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini adalah angket, observasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Cimohong 02 kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes yang berjumlah 25 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti melakukan penyebaran angket kepada wali siswa sebanyak 25 orang. dan tes kepada siswa kelas III untuk mengetahui kemampuan membaca siswanya.

 Besar pengaruh dari hasil summary  NilaiR 0,926 berada diantara 0,80-1,000 maka pengaruh bimbingan orang tua terhadap kemampuan membaca siswa sangat kuat. Data tersebut dapat diartikan bahwa hasil 92,6 % pengaruh variabel X (bimbingan orang tua) terhadap variabel Y (kemampuan membaca siswa) sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Data yang diperoleh diolah atau dianalisis dengan hasil uji regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y- 47,778 + 4,756 X. Nilai koefisien regresi sebesar 4,756 menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara bimbingan orang tua terhadap kemampuan membaca siswa. Dari hasil perhitungan, diperoleh nilai thitung>ttabel atau 11,769> 2,0682, hal ini berarti uji Ha diterimadan H0ditolak. Jadi, terdapat pengaruh secara signifikan bimbingan orang tua terhadap kemampuan membaca siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1998a. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Harjasujana, A.S. & Damaianti, V.S. 2003. Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara

Hidayah. Rifa. 2009. Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: Sukses Offset

http://annissanimatul.blogspot.com/2014/06/pengaruh-peran-orang- tuaterhadap.html_senin_08.45_23.03.2015

http://fahir-blues.blogspot.com/2013/06/teori-peran-dan-definisi-peran-menurut.html senin_09.05_23.03.2015

http://nurfitrarahma.blogspot.com/2012/07/pendekatan-dalam-pembelajaran-bahasa.html.26.05.2015. 09.21wib

http://www.physics.iastate.edu/per/docs/Addedum on normalized gain.pdf

Hurlock. Elizabet.1978. Perkembangan Anak jilid 2. Jakarta. Erlangga

Kridalaksana, Harimurti. 1985. Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Manfaat, budi dan Kumaidi. 2013. Pengantar Metode Statistik. Cirebon: Eduvision Publishing

Riduwan. 2011. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Siregar. Syofiyan. 2010. Statistik Deskriptife Untuk Penelitian. Jakarta. PT. Raja Grafindo Perkasa

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sujiono.Anas. 2001. Statistic Pendidikan. Jakarta:Rajawali Press

Sumanto, 2014. Teori Dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: Center Of Academic Publishing Service

Syafi’ie, Imam. 1999. Pengajaran Membaca Terpadu. Bahan Kursus Pendalaman Materi Guru Inti PKG Bahasa dan Sastra Indonesia. Malang: IKIP

Syaodih, Nana.2013.Metode Penelitian Penddikan. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya

Tampubolon, DP. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa

Tarigan, Djago,Dkk. 2001. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Offset




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.178

Article Metrics

Abstract view : 978 times
PDF - 613 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com