IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Moh. Masnun(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Salah satucara untuk membangkitkan  aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran adalah dengan mengganti cara/pendekatan pembelajaran yang selama ini tidak diminati lagi oleh peserta didik, seperti pembelajaran yang dilakukan dengan ceramah dan tanya-jawab, pendekatan pembelajaran ini membuat peserta didik jenuh dan tidak kreatif. Suasana belajar mengajar yang diharapkan adalah menjadikan peserta didik sebagai subjek yang berupaya menggali sendiri, memecahkan sendiri masalah-masalah dari suatu konsep yang dipelajari, sedangkan guru lebih banyak bertindak sebagai motivator dan fasilitator. Situasi belajar yang diharapkan disini adalah peserta didik yang lebih banyak berperan (kreatif).

Pendekatan pembelajaran kontekstual merupakan konsep  belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik  dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluargadan masyarakat. Dengan konsep itu ,hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi peserta didik.

Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Aktifitas, Peserta Didik


Full Text:

PDF

References


Amin, Ahmad. 1993. Etika (Ilmu Akhlak).Jakarta: CV. Bulan Bintang.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryati, Tati. 2009. Pembelajaran Contextual Dalam Pembelajaran di SMP.

Ibrahim dan Nana Sudjana. 1989. Penelitian dan Penilain Pendidikan. Bandung: Sinar Baru dan Pusat Penelitian Pengajaran dan Pengembangan Ilmu Lembaga Penelitian IKIP Bandung.

Karli dan Margaretha. 2002. Implementasi KTSP dalam Model-model Pembelajaran. Bandung: Generasi Info Media.

Muslich, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis Bagi Guru Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurhadi. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.

Pasaribu, I., L. dan Simandjuntak, B. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Purwanto, M. Ngalim. 1998. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rifai, Mohammad. 1994. Akidah Akhlak. Semarang: CV Wicaksana

Ruseffendi, E.T. 1994. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana

Syah, Muhibbin.1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang“Sistem Pendidikan Nasional”. Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Wahab, Abdul Aziz. 2009. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.190

Article Metrics

Abstract view : 972 times
PDF - 679 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com