KONTRIBUSI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER (GEMAR MEMBACA) TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MI DARUL HIKAM CIREBON

Idah Faridah Laily(1*), Mumtaz Naqiyyah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Pendidikan karakter memiliki esensi yang tujuanya adalah membentuk pribadi anak , supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat dan warga negara yang baik, Bahasa merupakan sarana yang efektif untuk menjalin komunikasi sosial. Tanpa bahasa, komunikasi tidak dapat dilakukan dengan baik dan interaksi sosial pun tidak akan pernah terjadi. Karena tanpa bahasa, siapapun tidak akan dapat mengekspresikan diri untuk menyampaikan kepada orang lain. nilai karakter yang berpengaruh terhadap keterampilan berbahasa siswa adalah gemar membaca.

Keterampilan berbahasa dalam kurikulum sekolah biasanya mencangkup empat segi,yaitu:Keterampilan menyimak/mendengarkan, Keterampilan berbicara, Keterampilan membaca, Keterampilan Menulis Keempat keterampilan tersebut pada dasarnya merupakan suatu kesatuan. Setiap keterampilan itu erat sekali berhubungan dengan proses-proses berfikir yang mendasari bahasa, bahasa seseorang mencerminkan pikiran nya. Semakin terampil seseorang berbahasa, maka semakin cerah dan jelas jalan pikiran nya  (Dawson)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter (gemar membaca) terhadap keterampilan berbahasa siswa serta mengetahui seberapa besar kontribusi penerapaan pendidikan karakter (gemar membaca) terhadap keterampilan berbahasa pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Darul Hikam Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto ,Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas V MI Darul Hikam Cirebon. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner (angket), tes, dan wawancara tidak struktur. analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan software SPSS 21.0

Pada umumnya siswa kelas V MI Darul Hikam Cirebon memiliki kegemaran membaca yang baik, berdasarkan nilai rata-rata angket peranan pendidikan karakter (gemar membaca) yaitu 2,74. keterampilan berbahasa siswa kelas V MI Darul Hikam Cirebon menunjukan hasil yang baik, berdasarkan nilai rata-rata tes keterampilan berbahasa pada bidang studi bahasa Indonesia 76,93. Pengaruh antara peranan pendidikan karakter (gemar membaca) dengan keterampilan berbahasa pada mata pelajaran bahasa Indonesia menunjukan Kontribusi yang signifikan.

Hasil analisis menunjukan koefisien determinasi sebesar 0.02. ini berarti kontribusi  pendidikan karakter (gemar membaca) terhadap Keterampilan berbahasa pada mata pelajaran bahasa Indonesia sebesar 0.02%, sedangkan 99.98% di pengaruhi oleh faktor lainya. Signifikansi variabel konstanta dan variabel penerapan pendidikan karakter (gemar membaca)  masing-masing sebesar Sig = 0.000 < 0.01 dan Sig = 0.652 > 0.01. Ini menunjukan bahwa variabel tersebut mempengaruhi keterampilan berbahasa pada mata pelajaran bahasa Indonesia  secara signifikan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama

Abidin Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter.Bandung: PT.Refika Aditama

Arikunto Suharsimi. 1996. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Djamara Bahri Saiful 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

http://ssiregar.staff,gunadarma.ac.id

Juanda Dadan& Resmini Novi.2007. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press

Kesuma Dharma,Dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktek Di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Narwanti Sri., 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia

Nazir.Moh. 2010. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Numurjiningsih Erlis, Dkk. 2004. Tangkas Berbahasa Indonesia SD Kelas 5. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rahim Farida, 2008. Pengajaran Membaca Di Sekolad Dasar. Jakarta:Bumi Aksara.

Sanjaya Wina., 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta:Kencana

Setiadarma.P.Monty.Dkk., 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta:Pustaka Populer Obor.

Subini Nini., 2011, Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, Jogjakarta: Javalitera

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta

Suteja., 2009. Pendidikan Berbasis Al-Qur’an. Cirebon: Pangger Press

Suyanto. 2010. Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah. Jakarta: DIKJEN Manajemen Pendidikan Dasar&Menengah KEMENDIKNAS

Tampubolon D.P.2008. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif Dan Efisien. Bandung: Angkasa

Tarigan Guntur Henry.2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa

Temalagi Selva&Latan Hengky. 2013. Analisis Multivariate Teknik Dan Aplikasi Menggunakan IBM 20.0. Bandung:Alfabeta

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa. 1989 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Uno.B.Hamzah.,Dkk., 2009, Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran, Jakarta:Bumi Aksara

Yus Agusyana & Islandscript. 2001. Olah Data Skripsi Dan Penelitian Dengan SPSS 19. Jakarta: Elex Media Komputindo




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v1i2.347

Article Metrics

Abstract view : 1297 times
PDF - 2728 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com